Film Sang Kiai FILM SANG KIAI: REPRESENTASI SEJARAH BIOGRAFI KH HASYIM ASY'ARI MELALUI ASPEK NARATIF

SANG KIAI'S FILM: REPRESENTATION OF THE BIOGRAPHY OF KH HASYIM ASY'ARI THROUGH NARRATIVE ASPECT

  • Muhammad Bayhaqi pstf

Abstract


ABSTRAK


Film Sang Kiai merupakan sebuah film produksi Rapi Films yang disutradarai oleh Rako Prijanto rilis tahun 2013. Film yang mengangkat kisah perjuangan ulama kharismatik Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, yaitu K.H. Hasyim Asy’ari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui film Sang Kiai dalam merepresentasikan K.H. Hasyim Asy’ari melalui aspek naratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif pendekatan tekstual. Pembahasan penelitian ini dimuai dengan membedah naratif film Sang Kiai khususnya tokoh K.H. Hasyim Asy’ari, dan mencari kesamaan antara biografi K.H. Hasyim Asy’ari dalam dunia nyata dengan yang ada dalam film. Peneliti memlilih teori Representasi Stuart Hall karena dianggap relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film biopik Sang Kiai mengidentifikasi keberadaan teks biografi menjadi referensi penting terkait dengan metode produksi film. Hal ini disebabkan oleh terdapat relevansi antara teks biografi dengan teks visual film dan teks naratif film melalui representasi pada sejarah biografi K.H. Hasyim Asy’ari. Film Sang Kiai telah berhasil merepresentasikan K.H. Hasyim Asy’ari sebagai tokoh besar ulama Jawa Timur yang sederhana, memiliki sifat yang tegas, berani, dan jujur, serta seorang yang nasionalis-agamis berdasarkan data teks visual film Sang Kiai dengan data teks biografi yang ada.


 

Published
2022-04-29
How to Cite
BAYHAQI, Muhammad. Film Sang Kiai FILM SANG KIAI: REPRESENTASI SEJARAH BIOGRAFI KH HASYIM ASY'ARI MELALUI ASPEK NARATIF. ROLLING, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 34-48, apr. 2022. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/15320>. Date accessed: 10 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.