RAGAM BAHASA PADA PROGRAM TAYANGAN KRIMINAL PANCET KECREK iNews TV SURABAYA

  • nur ali rafi universitas jember

Abstract

Penelitian ini membahas tentanrayg kajian ragam bahasa sebagai strategi menarik penonton pada program kriminal Pancet Kecrek iNews TV Surabaya. Tujuan penelitaian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi program berita informasi mengenai aksi kejahatan yang dikemas dengan unsur hiburan. penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ciri khas pembawa berita dengan pembawaan gaya bicaranya mampu menarik minat penonton untuk menyaksikan tayangan program Pancet Kecrek iNews TV Surabaya. Data penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori ragam bahasa dan strategi format program berita. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah karena penelitian ini menggunakan kata. Unsur ragam bahasa jurnalistik diterapkan sebagai unsur pendukung program acara televisi non drama. Konten tayangan Pancet Kecrek menggambarkan peristiwa kriminal sehari-hari yang terjadi dimasyarakat akan tetapi dikemas dalam bentuk hiburan, sedangkan ragam bahasa yang digunakan meliputi bahasa indonesia dan dialek lokal Jawa Timur yaitu bahasa Jawa.

Published
2023-03-31
How to Cite
RAFI, nur ali. RAGAM BAHASA PADA PROGRAM TAYANGAN KRIMINAL PANCET KECREK iNews TV SURABAYA. ROLLING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 50-62, mar. 2023. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/13510>. Date accessed: 10 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.