REALITAS DAN IMAJINASI DALAM FILM DOKUMENTER “ANAK MERAK” DENGAN PENDEKATAN OBSERVATORI DAN PARTISIPATORI

  • saleksa srengenge Universitas Jember
  • Muhammad Zamroni
  • Denny Antyo Hartanto

Abstract

Film dokumenter merupakan film yang didasarkan pada suatu pengalaman atau peristiwa dengan perlakuan kreatif namun masih menjunjung fakta yang nyata. Film dokumenter “Anak Merak” merupakan film dokumenter dengan gayaobservatori dan partisipatori. Gaya observatori menekankan pada kehidupan sehari-hari subjek yang diamati tanpa terganggu oleh keberadaan kamera sedangkan gaya partisipatori menekankan pada interaksi antara pengkarya dengan subjeknya. Penggunaan perpaduan dua gaya tersebut sebab pengkarya merasa dengan perpaduan dua gaya tersebut materi yang dibawakan dalam film dokumenter ini dapat tersampaikan sesuai dengan keinginan pengkarya. Gaya observatori digunakan untuk menunjukkan keseharian anak-anak Labuhan Merak sedangkan gaya partisipatori digunakan untuk menujukkan kegiatan yang dilakukan anak-anak Labuhan Merak bersama pengkarya.


Film ini merupakan usaha untuk menunjukkan hubungan antara imajinasi dengan realitas yang dialami oleh anak-anak Labuhan Merak. Pengkarya meyakini bahwa bentuk imajinasi yang dimiliki manusia dipengaruhi oleh realitas yang terjadi di sekitarnya ataupun sebaliknya. Bentuk imajinasi anak-anak Labuhan Merak yang dituangkan dalam bentuk sebuah karya film menjadi landasan pengkarya dalam menemukan hubungan antara imajinasi mereka dengan kesehariannya. Film dokumenter “Anak Merak” juga merupakan usaha pengkarya untuk menginformasikan isu yang dihadapi oleh anak-anak Labuhan Merak.

Published
2020-10-30
How to Cite
SRENGENGE, saleksa; ZAMRONI, Muhammad; HARTANTO, Denny Antyo. REALITAS DAN IMAJINASI DALAM FILM DOKUMENTER “ANAK MERAK” DENGAN PENDEKATAN OBSERVATORI DAN PARTISIPATORI. ROLLING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 36-54, oct. 2020. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/12641>. Date accessed: 13 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.