Dynamic Shot pada Sinematografi Film Fiksi "Bhâko"

  • Daris Dzulfikar Universitas Jember
  • Muhammad Zamroni
  • Denny Antyo Hartanto

Abstract

Bhâko adalah film fiksi yang menceritakan kerasnya kehidupan petani tembakau di Kabupaten Jember. Teknik sinematografi yang digunakan pengkarya adalah teknik dynamic shot. Penggunaan dynamic shot dipilih dengan tujuan memvisualkan rutinitas dan konflik yang terjadi di dalam masyarakat khususnya petani tembakau di Kabupaten Jember. Untuk mencapai dynamic shot, pengkarya menggunakan beberapa teknik seperti handheld, follow shot, pan and tilt, dan tracking. Selain menggunakan dynamic shot, pengkarya juga menambahkan aspek pendukung lain seperti pencahayaan, aspek ratio cinemascope (2,35:1), dan komposisi. Alur cerita film Bhâko menggunakan alur multiplot. Oleh karena itu, teknik dynamic shot dirasa sangat cocok untuk memvisualkan setiap situasi dan suasana, serta membawa mood di setiap scene

Published
2022-10-31
How to Cite
DZULFIKAR, Daris; ZAMRONI, Muhammad; HARTANTO, Denny Antyo. Dynamic Shot pada Sinematografi Film Fiksi "Bhâko". ROLLING, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 34-46, oct. 2022. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/12525>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.