Persepsi Penonton Anak-anak Terhadap Visualisasi Animasi Acara Si Otan Dalam Muatan Konsep Edutainment
Abstract
ABSTRAK
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern saat ini, stasiun televisi memberikan tayangan yang mencakup dua unsur, yaitu hiburan dan informasi yang dikenal dengan edutainment. Program acara Si Otan merupakan program acara edutainment yang menjelaskan tentang dunia binatang. Berdasarkan hal tersebut, untuk mengetahui sejauh mana program acara Si Otan mampu memberikan pengaruh yang memberikan wawasan dan merubah persepsi mengenai dunia binatang. Data penelitian dikaji menggunakan teori pembelajaran Jerome Bruner, teori yang mementingkan cara-cara bagaimana orang memilih, mempertahankan dan mentransformasi informasi secara aktif. Mengetahui program acara Si Otan diterima dengan baik oleh anak-anak, sehingga mampu memahami kemudian menyimpulkan informasi yang mereka terima dari acara tersebut. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengetahui langsung persepsi dari anak-anak berdasarkan proses belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan program edutainment yang melibatkan animasi, mampu menarik minat anak-anak dalam belajar sehingga menjadi wawasan yang bermanfaat.
Permission Authors still has the right to duplicate, download and distribute of the published material as long as the author and source are cited. Any violation found in future of any copyright come in notice, then the author will be responsible for getting sanction in accordance with prevailing regulations.