Persepsi Penonton Anak-anak Terhadap Visualisasi Animasi Acara Si Otan Dalam Muatan Konsep Edutainment

  • Sariati Koyimah Koyimah Universitas Jember
  • Romdhi Fatkhur Rozi
  • DWi Haryanto

Abstract

ABSTRAK


 


Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern saat ini, stasiun televisi memberikan tayangan yang mencakup dua unsur, yaitu hiburan dan informasi yang dikenal dengan edutainment. Program acara Si Otan merupakan program acara edutainment yang menjelaskan tentang dunia binatang. Berdasarkan hal tersebut, untuk mengetahui sejauh mana program acara Si Otan mampu memberikan pengaruh yang memberikan wawasan dan merubah persepsi mengenai dunia binatang. Data penelitian dikaji menggunakan teori pembelajaran Jerome Bruner, teori yang mementingkan cara-cara bagaimana orang memilih, mempertahankan dan mentransformasi informasi secara aktif. Mengetahui program acara Si Otan diterima dengan baik oleh anak-anak, sehingga mampu memahami kemudian menyimpulkan informasi yang mereka terima dari acara tersebut. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengetahui langsung persepsi dari anak-anak berdasarkan proses belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan program edutainment yang melibatkan animasi, mampu menarik minat anak-anak dalam belajar sehingga menjadi wawasan yang bermanfaat.

Published
2022-10-24
How to Cite
KOYIMAH, Sariati Koyimah; ROZI, Romdhi Fatkhur; HARYANTO, DWi. Persepsi Penonton Anak-anak Terhadap Visualisasi Animasi Acara Si Otan Dalam Muatan Konsep Edutainment. ROLLING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-52, oct. 2022. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/12436>. Date accessed: 11 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.