Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Geografi

  • Ida Khodijjah Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Yushardi Yushardi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Ana Susiati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Kemampuan argumentasi sangat penting guna meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman siswa tentang konsep. Salah satu alasan utama siswa tidak memiliki minat belajar adalah model pembelajan yang kurang variasi. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing ini berpusat pada peserta didik, yang berarti peserta didik diminta untuk berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media chamilo terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMA pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental kuantitatif dengan desain post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dalam hal nilai post-test. Terbukti nilai post-test dari uji independent sample t-test pada variabel kemampuan argumentasi ilmiah menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,082 yang menunjukkan bahwa nilai p (Sig.) kurang dari 0,05 dan hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil post-test pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,10 dan rata-rata kelas kontrol 73,17. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media chamilo terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa berpengaruh signifikan setelah menerima perlakuan.

References

APB, F. N. (2021). Pengaruh penerapan metode snowball throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas Vii Smp Hang Tuah Makassar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 33-36.

Ali, I. (2021). Pembelajaran kooperatif (cooperativelearning) dalam pengajaran pendidikan agama islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247-264.

Astutik, S., Susantini, E., & Nur, M. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525-538.

Albab, A. F., & Astutik, S. (2021). Penerapan Pendekatan Accelerated Learning dengan Metode Whole Brain Teaching dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-7.\

Apriyanto, B., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., Susiati, A., & Risdarani, Y. (2022). Kajian Penguatan Dinamika Lithosfer Melalui Praktikum Tanah untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa SMA. KIAT Journal of Community Development, 1(2), 82-86.

Dewi, D., Kurniati, T., & Yuliawati, A., (2023) Kemampuan Argumentasi Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Menggunakan Model Argument Driven Inquiry Berbantuan Science Trek. Jurnal Pendidikan Biologi.

Fitri, R., & Sylvia, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas xi iis pada materi konflik sosial di SMAN 1 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 239-245

Harahap, S. S. (2020). Pengaruh metode pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (pq4r) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips kelas vii smp negeri 8 batanghari (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Huda, N. (2019). Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas Viii Mts Negeri Sukatani (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Kurniawan, A., Kurnianto, F. A., Yushardi, Y., Susiati, A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 186-200.

Muhtadi, A. M., Saputro, A. N., & Yuliani, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Dan Minat Belajar Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 1(2), 419-429.

Maulidittya, D., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pembelajaran Matematika Pada LMS Chamilo Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 13(2), 344-356.

Sagala, P. R. B., & Hasibuan, L. R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1417-1427.

Warid, T. H., Yushardi, Y., Mujib, M. A., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 175-185.

Zaedun, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 78-84.
Published
2024-06-15
How to Cite
KHODIJJAH, Ida et al. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Geografi. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 62-72, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/47721>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.47721.
Section
Articles