Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Geoliteracy Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA

  • Amanda Maulida Maghfiroh Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik University of Jember
  • Suratno Suratno Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Pembelajaran geografi saat ini masih berfokus pada satu sumber belajar dan metode atau model pembelajaran yang digunakan masih konvensional sehingga situasi belajar terasa membosankan dan kemampuan berpikir spasial siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak menggabungkan pendekatan Resource Based Learning (RBL) yang berfokus pada geoliterasi pada kemampuan berpikir spasial siswa sekolah menengah, kontras dengan penggunaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang lazim sebagai sumber belajar utama. Menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol pretest-posttest, penelitian ini menemukan bahwa siswa di kelas eksperimen, yang terpapar model RBL berbasis geoliterasi, menunjukkan nilai rata-rata yang jauh lebih tinggi dalam kemampuan berpikir spasial dibandingkan dengan mereka yang berada di kelas kontrol. Secara khusus, kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata 71,25, sedangkan kelompok kontrol mencetak rata-rata 55,63. Uji T Sampel Mandiri menunjukkan tingkat signifikansi 0,001, menunjukkan bahwa adopsi model pembelajaran RBL berbasis geoliterasi memang mempengaruhi kemampuan berpikir spasial siswa SMA.

References

Anggreni, D. P., & Sumarmi. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Geoliteracy (GIGL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Pada Pelajaran Geografi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial). 8(2): 114-125.

Asiyah, S., M. K. Putri, E. Heldayani, M. Oktavia, E. D. Chairunisa, & K. Aryaningrum. (2020). Pemanfaatan seni kartografi untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa SMA Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 26(1): 12-15.

Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research. 6(2): 242-251.

Astutik, S., E. Susantini, & M. Nur. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction. 13(3): 525-538.

Bentil, S., & B. T. Ababio. (2020). Benefits of adopting problem-based learning in geography education: Standpoint of students and instructors. International Journal of Education and Evaluation. 6(3): 1-14.

Deviani, M. E. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbantuan Jurnal Ilmiah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Disertasi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Fatmawati, D., Yushardi, E. A. Nurdin, S. Astutik, & F. A. Kurnianto. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi. 6(1): 72-87.

Isnawati, I. (2020). Pengaruh Model Resource Based Learning Berbasis Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Bidang Studi PAI Di SMP Negeri 4 Kajuara. Disertasi. Sinjai: Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Jumri, R., & M. Murdiana. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Resource Based Learning. Aksioma. 11(1): 1-7.

Norma, W. (2023). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Berbantuan Flashcard Terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Dan Penalaran Adaptif Matematis Peserta Didik. Disertasi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Nurdin, E. A., B. Apriyanto, F. A. Ikhsan, & F. A. Kurniawan. (2017). Pengaruh model pembelajaran think pair and share ditinjau dari kemandirian belajar terhadap hasil belajar ips siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. 11(2): 1-7.

Pajriah, S. (2019). Pemanfaatan metode resource based learning dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak. 3(2): 147-160.

Safitri, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Model Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Pada Kelas X Sman 15 Bandar Lampung. Disertasi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Santoso, A., M. A. Mujib, & S. Astutik. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi. 6(2): 152- 162.

Satika, A. (2019). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 2 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Disertasi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sudrajat, A., M. Lovienica, & V. Iasha. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya. 17(1): 70-75.

Sugiyanto, S. (2022). Implementation of Geoliteracy In Schools as a Foundation 21st Century Skill Development and Achievement of The SDGs. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. 5(4): 124-129).

Suratno, S., Narulita, E., & Luthfia, S. (2018). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi. 5(1): 45-48.

Wijayanti, D., S. Anwar, K. Khairani, & N. A. Sukhaimi. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education. 4(2): 837-843.

Yunia, N. F. (2022). Pengaruh Model Resource Based Learning Berbasis Handout Elektronik Terhadap High Order Thingking Skill Kelas VII Di MTs Mamba’ul Ulum. Disertasi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Published
2024-06-14
How to Cite
MAGHFIROH, Amanda Maulida et al. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Geoliteracy Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 30-39, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/46857>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.46857.
Section
Articles