Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMA

  • Arini Dwi Kusumaningayu Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi TikTok dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Menyadari tantangan yang melekat dalam pendidikan geografi, metode pengajaran tradisional mungkin terbukti tidak cukup, sehingga memerlukan strategi inovatif untuk memfasilitasi pemahaman. Dengan menggunakan desain quasi-experimental pretest-posttest control group design, penelitian ini menggunakan purposive sampling yang selanjutnya mengkonfirmasi distribusi heterogen melalui uji homogenitas yang dilakukan melalui SPSS versi 25. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Kelompok eksperimen mendapat pengajaran melalui model CTL, sedangkan kelompok kontrol menganut metode pengajaran konvensional. Analisis data meliputi evaluasi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, yang dilengkapi dengan uji-t sampel independen.Temuan tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA, dibuktikan dengan nilai Sig sebesar 0,000, jauh di bawah ambang batas 0,05. Demikian pula model CTL berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan memberikan hasil yang sebanding. Temuan ini menggarisbawahi efektivitas integrasi model CTL dengan aplikasi TikTok dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar di kalangan siswa sekolah menengah.

References

Adelia, B., & Asiyah, S. (2019). Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Memahami Lingkungan dan Daerah Sekitar pada Siswa Kelas XI IPS SMA YKPP Talang Ubi Kabupaten Pali. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 66-69.
Alpian, Y., Anwar, A. S., & Puspawati, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 3(3), 894-900.
Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurnianto, F. A. (2017). Application of Discovery Learning to Increase Activity and Student Learning Results in Understanding the Life Environment in SMP Negeri 2 Sukodono. Geosfera Indonesia, 1(1), 29-34.
Astutik, S., & Mahardika, I. K. (2020, February). HOTS student worksheet to identification of scientific creativity skill, critical thinking skill and creative thinking skill in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Dewi, P. Y., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19-26.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 8150-8154.
Galyaltri, T., Soegiyalnto, H., & Rintalyalti, P. (2018). Development of Contextuall Tealching Lealrning-Balsed Aludio Visuall Aldobe Flalsh Medial to Improve Criticall Thinking Albility of Geogralphy Lealrning alt Senior High School. IOP Conference Series: Ealrth alnd Environmentall Science, 145(1). doi:10.1088/1755-1315/145/1/012004
Hake, (1999). Analyzing Charge Gain Scores. America Educational Research Association’s Division. Measurrement and Research Methodology.
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876-4886.
Nurdin, E. A., Apriyanto, B., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 1-7.
Nurdin, E. A., Hussen, S., Pangastuti, E. I., & Lestari, D. (2019, March). Improving Students Critical Thinking Skills Using A Research Based Practice On Tourism Geography Materials. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 243, No. 1, p. 012085). IOP Publishinhg
Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., Kurnianto, F. A., & Apriyanto, B. (2017). Application of Contextual Teaching Learning to Learning Results In Understanding The Life Environment In SMP Negeri 2 Sukodono. Geosfera Indonesia, 1(1), 1-7.
Pangastuti, E. I., Nurdin, E. A., & Kurnianto, F. A. (2022). Application of Project-Based Learning in Developing Environmental-Based Spatial Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 4, pp. 19-25).
Priandono, F. E., Astutik, S., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan media audio-visual berbasis kontekstual dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 247-253.
Rahmawati, A., Syafei, M., & Prasetiyanto, M. A. (2023). Improving Speaking Skills through Tiktok Application: An Endevour of Utilizing Social Media in Higher Education. Journal of Languages and Language Teaching, 11(1), 137-143.
Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Getan, M. A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83-92.
Salsabilla, A. D., Astutik, S., Nurdin, E. A., Kurnianto, F. A., & Mujib, M. A. (bab2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Geografi SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 157-165.SMA.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73-84.
Suwandono, R., Sartinah, E. P., & Purwoko, B. (2022). Efektivitas Model OMS (On Media Social) Dalam Meningkatkan Minat Studi Lanjut. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(3), 282-292.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-20.
Published
2024-06-14
How to Cite
KUSUMANINGAYU, Arini Dwi et al. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 22-29, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/46856>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.46856.
Section
Articles