Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

  • Jihan Ratna Fauziah Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Suratno Suratno Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Penerapan model konvensional memberikan dampak terhadap rendahnya tingkat literasi siswa, sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi yang lemah. Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Nearpod dapat menjadi solusi sebab kegiatan pembelajarannya mengarah pada proses analisis, diskusi, dan pengembangan argumentasi yang didukung dengan penggunaan teknologi digital sesuai dengan standar kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi dampak penggunaan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan dukungan Nearpod pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi siswa-siswi SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode quasi-eksperimental dan menerapkan post-test only control group design. Berdasarkan hasil pengolahan data pada nilai post-test melalui uji independent sample T-test variabel kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi siswa, keduanya memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan dukungan Nearpod terbukti memiliki dampak signifikan pada kemampuan berpikir kritis serta pencapaian hasil belajar siswa SMA di bidang geografi.


 

References

Ashe, J. T. (2023). Language Software Review: Harnessing The Power Of Nearpod. Language Education And Technology. 3(1):21–29.

Astutik, S., & I. K. Mahardika. (2020). HOTS Student Worksheet To Identification Of Scientific Creativity Skill, Critical Thinking Skill And Creative Thinking Skill In Physics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012075).

Astutik, S., E. Susantini, & M. Nur. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525-538.

Apriyani, P., K. Kristiani, & L. Noviani. (2022). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Animaker terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ekonomi. Journal on Education, 5(1), 1169-1178.

Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8.

Haspari, S., Suratno, & K. Fikri. (2018). The Effect Of Problem-Based Learning Model With Audio Visual Media On The Learning Outcomes Of The Students On Environmental Pollution Material. Pancaran Pendidian, 7(3).

Kurniawan, A., F. A. Kurnianto, Yushardi, A. Susiati, & E. I. Pangastuti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sma. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 186-200.

Melindawati, S., S. Apfani, & A. I. Suryani. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS Di PGSD Stkip Adzkia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 125-137.

Musyadad, V. F., A. Supriatna, & S. M. Parsa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1-13.

Nurdin, E. A., B. Apriyanto, F. A. Ikhsan, & F. A. Kurniawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 1-7.

Nurdin, E. A., E. I. Pangastuti, R. P. N. Puji, , R. A. Surya, & K. R. N. Adni. (2021). Implementation Of The Use Of Project-Based Learning Models In The Application Of Online Geography Learning Strategies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Panjaitan, N. Q., E. Yetti, & Y. Nurani. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588-596.

Pinandhita, S., & I. Nurjannah. (2023). Pengaruh Model PBL Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKKR Kelas XI TKR Di SMKN 1 Jabon. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 125-133.

Rifai, M., D. H. Utomo, I. K. Astina, & Y. Suharto. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbasis Penilaian Autentik. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(7), 753-759.

Rizqiyah, S., S. Astutik, B. Apriyanto, E. I. Pangastuti, & E. A. Nurdin. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 1-9.

Suratno, K. Nurul, Yushardi, Dafik, & I. Wicaksono. (2019). The Effect of Using Synectics Model on Creative Thinking and Metacognition Skills of Junior High School Student. International Journal of Instruction, v12 n3 p133-150.

Suratno, & D. Kurniati. (2017). Implementasi model pembelajaran math-science berbasis performance assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di daerah perkebunan kopi Jember. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 1-10.

Susilawati, S. A., & S. L. Sochiba. (2022). Pembelajaran Outdoor Study Dalam Mata Pelajaran Geografi: Systematic Review. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 27(1), 51-62.

Widiani, L. P. S., A. I. A. R. Sudiatmika, & I. K. Sudiana. (2021). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ETH secara Daring Berbantuan Video Presentasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 533-543.

Wulandari, I. A. (2022). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Media Nearpod Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).

Zamroni, M., & W. Warsono. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Membaca (Studi Kasus Budaya Literasi Mahasiswa PPKN Universitas Negeri Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(2), 687-701.
Published
2024-06-14
How to Cite
FAUZIAH, Jihan Ratna et al. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 12-21, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/46816>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.46816.
Section
Articles