Kontribusi Pengetahuan Lingkungan Hidup terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember
Abstract
Mata Pelajaran Geografi adalah pelajaran yang menanamkan pendidikan lingkungan. Realita di lapangan siswa hanya menghafal dan memahami konsep materi saja, kurang mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan merupakan salah satu tujuan pembelajaran geografi yang terdapat pada lampiran Permendikbud No. 59 Tahun 2014. Peneliti melakukan observasi awal di MAN 2 Jember mendapatkan hasil ada beberapa siswa yang kurang peduli terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil observasi aksi vandalisme banyak dilakukan oleh siswa IPS padahal siswa IPS telah mendapatkan materi tentang pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian adalah menganalisis kontribusi pengetahuan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XII IPS MAN 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian korelatif atau korelasional. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan terdapat kontribusi yang signifikan pengetahuan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,045 berarti pengetahuan lingkungan hidup memiliki kontribusi sebesar 4,5% terhadap sikap peduli lingkungan siswa MAN 2 Jember.
References
Astutik, S., Maryani, M., & Pratiwi, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (Cc) Berbantuan Virtual Laboratory terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X di Sman Pakusari. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 2, pp. 72-75).
Astutik, S. (2022). Pengaruh Strategi Cosheet Berbasis Kreativitas Kolaboratif terhadap Kemampuan Literasi Energi dan Hasil Belajar Fisika. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 180-192.
Gani, R. A. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan dengan Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 55-63.
Handayani, A., Soenarno, S. M., & A’ini, Z. F. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 20 Depok. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 80-86.
Isaac, S., & Michael, W. B. (1995). Handbook in research and evaluation: A collection of principles, methods, and strategies useful in the planning, design, and evaluation of studies in education and the behavioral sciences: Edits publishers.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Geografi Sekolah Menengah Atas. Jakarta
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Kesadaran Lingkungan pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA Lentera Sains: Jurnal Pendidikan IPA, 91, 22-29.
Nugraheni, R. A. S. (2015). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Sikap peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Basic Education, 4(14).
Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134-141.
Schutte, N. S., & Bhullar, N. (2017). Approaching Environmental Sustainability: Perceptions Of Self-Efficacy and Changeability. The Journal of Psychology, 1513, 321-333.
Wardiyatmoko, K. (2014). Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.