Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

  • Satwika Santa Widya Sista Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sebagai sampel penelitian. Model pembelajaran quantum teaching memiliki 6 sintak model, yaitu Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah materi Potensi dan Persebaran Sumber Daya Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan untuk Ketahanan Pangan Nasional di kelas XI. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk menentukan sampel penelitian pada populasi penelitian. Hasilnya, nilai rata-rata post-test siswa adalah 78 di kelas eksperimen, dan 72 di kelas kontrol. Kemudian, dilakukan uji t-test pada kedua kelas untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yang diberikan. Hasil uji t-test yang dilakukan menghasilkan hasil signifikasi uji t-test sebesar 0.049, dengan signifikasi <0.05 maka model pembelajaran berpengaruh.

Published
2023-02-26
How to Cite
SISTA, Satwika Santa Widya et al. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 10-21, feb. 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/37604>. Date accessed: 14 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.37604.
Section
Articles