Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA

  • Muhammad Zaid Nuriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember, 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi SIG (Sistem Informasi Geografi) dasar siswa SMA. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluating (evaluasi). Media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi untuk memberikan menilai terkait kelayakan dari media pembelajaran. Selanjutnya diujicobakan terhadap siswa. Tujuan uji coba adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi sistem informasi geografi dasar siswa SMA dinyatakan sangat valid dengan skor 79,5% untuk validasi media dan 78,34% untuk validasi materi. Hasil uji coba respon siswa menunjukkan siswa sangat tertarik pada media pembelajaran yang digunakan dengan nilai kepraktisan 83,5% pada kelompok kecil dan 83% pada kelompok besar.

Published
2022-12-17
How to Cite
NURIYANTO, Muhammad Zaid; ASTUTIK, Sri; NURDIN, Elan Artono. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 144-155, dec. 2022. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/33208>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33208.