Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa

  • Muhammad Fajar Septarianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Kantun Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan kolaboratif ilmiah dah hasil belajar siswa diakibatkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih monoton dan konvensional. Tujuannya untuk mengkaji adanya pengaruh pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) berbasis daring & luring terhadap kemampuan kolaboratif ilmiah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma’arif NU Al Ikhlas Al Mukhdlor Yosowilangun, jenis penelitian eksperimen dengan desain post test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) berbasis daring & luring terhadap kemampuan kolaboratif ilmiah dan hasil belajar siswa dengan hasil uji T yang menunjukkan sig.2-tailed 0,000. Pembelajaran CC mampu meningkatkan kemampuan kolaboratif ilmiah dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan kelas eksperimen memiliki bilai lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Published
2022-10-04
How to Cite
SEPTARIANTO, Muhammad Fajar et al. Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 69-81, oct. 2022. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/33138>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33138.