Persepsi Guru Geografi SMA Muhammadiyah 3 Jember Tentang Kegiatan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran online di masa pandemi covid 19. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Jember yang merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Jember yang melaksanakan kegiatan pembelajaran online dengan subjek penelitian yaitu guru geografi.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) guru mengalami kendala dalam pelaksanaan pembelajaran online, dan (2) guru mendapat pengalaman dan pengetahuan baru dalam penggunaan teknologi ketika pembelajaran online.
References
Butcher, N., M. W. Strydom, S. U. Trumbic dan S. J. Daniel. 2012. A Guide to Quality in Online Learning. Academic Partnerships.
Cheawjindakarn, B., P. Suwannatthachote dan A. Theeraroungchaisri. 2012. Critical Success Factors for Online Distance Learning in Higher Education: A Review of the Literature. Creative Education Scientific Research. 3: 61-66.
Chick, R. C., G. T. Clifton, K. M. Peace, B. W. Propper, D. F. Hale, A. A. Alseidi, dan T. J. Vreeland. 2020. Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education.
Cochran, J. D., H. M. Beker, D. Benson, dan W. Rhea. 2016. Business Student Perceptions of Online Learning: Using Focus Groups for Richer Understanding of Student Perspectives, Organization Management Journal, 13:3, 149-166.
Hidayat, A., dan P. Sadewa. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328.
Morgan, H. 2020 Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic, The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93:3, 134-140
Murphy, M. P. A. 2020. COVID-19 and emergency eLearning: Consequences of the securitization of higher education for post-pandemic pedagogy, Contemporary Security Policy.
Rahmat, J. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Schultz, R. B., dan M. N. DeMers. 2020. Transitioning from Emergency Remote Learning to Deep Online Learning Experiences in Geography Education. Journal of Geography, 119(5), 142–146. https://doi.org/10.1080/00221341.2020.1813791
Thoha, M. 2003. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yin, R. K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.