KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DAERAH WISATA BROMO SEBAGAI PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN HIDUP

  • Fahrizal Novan Pahlevy Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember

Abstract

Sosial ekonomi masyarakat sekitar Bromo tepatnya di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Jawa Timur setelah dilakukan observasi secara keseluruhan terlihat menengah ke bawah karena selain kondisi lingkungannya juga dipengaruhi oleh masyarakat di desa tersebut. Pada dasarnya masyarakat sekitar terutama para pemudanya menurut pendidikan formal sebagian kecil hanya mampu bersekolah sampai tingkat SMA saja setelah lulus dari SMA mereka memilih bekerja sebagai petani di sekitar rumahnya dan membantu orang tuanya agar dapat mengangkat derajat keluarganya. Menurut mereka (pemuda) faktor yang mempengaruhi untuk tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi antara lain karena faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor orang tua, dan faktor diri sendiri. Untuk faktor ekonomi sendiri terlihat jelas bahwa kondisi ekonomi pada masyarakat desa setempat yaitu menengah ke bawah, sementara untuk faktor yang lain itu jauh berbeda dengan yang pertama seperti faktor lingkungan. Lingkungan sekitar desa tersebut secara keseluruhan sangat subur dan dapat ditanami berbagai jenis sayur-sayuran. Meskipun kondisi ekonomi masyarakat Desa Ngadisari menengah ke bawah, akan tetapi pendapatan dari hasil bertani untuk satu kali panen dapat mencapai puluhan juta rupiah dan dari hasil panen tersebut oleh masyarakatnya di jual kepada pembeli di luar kota melalui para sopir pick up yang biasa mengantar barang hasil panen tersebut. Dengan demikian untuk dampak yang diperoleh dari hasil panen tersebut, mampu untuk memperbaiki keadaan ekonomi masyarakatnya dan dapat sejahtera untuk waktu lama juga di desa ngadisari memiliki potensi alam yang sangat indah untuk mengembangkan wisata tapi yang di perlukan untuk mengembangkan wisata di bromo yang di butuhkan sumber daya manusia agar bisa dapat mengembangakan kawasan daerah bromo.


Kata Kunci :sosialekonomi, pendapatan, kesejahteraan, SDM dan SDA


 


References


Bafadal, A. 2014. Analisis Sektor Basis Pertanian Untuk Pengembangan Ekonomi Daerah. Jurnal Agriplus. 24(2): 152-159.


 


Ikhsan, F. A., Kurnianto, F. A., Apriyanto, B. Dan E. A. Nurdin. 2018. Geografi Melek Observasi Pendahuluan Landscape Pernyataan Tempat Untuk Mahasiswa Pengalaman. Jurnal Geosfera Indonesia. 3(2): 131-145


 


Ikhsan, F. A., Kurnianto, F. A., Apriyanto, B. Dan E. A. Nurdin. 2017. Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Kabupaten Jember. Jurnal Geosfera Indonesia. 1(1): 16-21.


 


Kadir, A. W., Awang, S. A., Purwanto, R. H. Dan E. Poedjirahajoe. 2012. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Manusia dan Lingkungan. 19(1). 1-11.


 


Kurnianto, B. T. 2018. Strategi pengembangan Lingkar Wilis Berdasarkan Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita. 1(1): 43-56.


 


Kurnianto, F. A., Rakhmasari, D., Ikhsan, F. A., Apriyanto, B. Dan E. A. Nurdin. 2018. Analisis Lingkungan Pertumbuhan Penduduk, Pengangguran, dan Kemiskinan di Tingkat Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.  Jurnal Geosfera Indonesia. 3(2): 113-121.


 


Kurnianto, F. A., Nurdin, E. A., Apriyanto, B., Ikhsan, F. A. Dan R. B. Fauzi. 2018. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Analisa Zona Rawan Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Jember Jawa Timur. Jurnal Geosfera Indonesia. 2(1): 45-53.


 


Mujanah, S., Ratnawati, T. Dan S. Andayati. 2016. Strategi Pengembangan Desa Wisata di Kawasan Hinterland Gunung Bromo Jawa Timur. Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya. 1(1): 33-52.


 


Nurdin, E. A., Kurnianto, F. A., Apriyanto, B. Dan F. A. Ikhsan. 2018. Demografi Faktor Pengaruh Populasi Tambah di Sumbersari Jember Jawa Timur. Jurnal Geosfera Indonesia. 2(1): 60-66.


 


Pranatasari, D. 2016. Eksistensi Taman Agrowisata dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Penelitian. 1(1): 1-9.


 


Sutriningsih, A. Dan Lasri. 2017. Ketahanan Pangan Keluarga Berkaitan Dengan Status Gizi Balita Pasca Erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Malang. Jurnal Care. 5(2): 263-276.


 


 


Sutrisno, E. 2018. Pengembangan Potensi Lokal Desa Rejosari Kecamatan Jatirejo Mojokerto Guna Mewujudkan Desa Wisata. Jurnal Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 1(1): 67-71.


 


Wiyati, B. T. K. 2018. Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lumajang. Jurnal Politico. 18(1): 24-40.


 


 


 


 

Published
2019-06-13
How to Cite
PAHLEVY, Fahrizal Novan; APRIYANTO, Bejo; ASTUTIK, Sri. KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DAERAH WISATA BROMO SEBAGAI PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN HIDUP. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 172-189, june 2019. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/12177>. Date accessed: 27 sep. 2020.