KINERJA PELAYANAN UNIT PELAKSANA PENIMBANGAN KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP PENIMBANGAN ANGKUTAN BARANG (STUDI KASUS PADA UPPKB CEKIK JEMBRANA)

  • Anna Julia Sihombing Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Made Inten Indrayani Timur Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Gilang Abdilah Hidayat Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Arif Devi Dwipayana Politeknik Transportasi Darat Bali

Abstract

UPPKB is a place for weighing goods and transportation services to control the cargo of goods transported. This study aims to determine the level of performance and satisfaction with UPPKB Choke services. Performance measures a person's ability and expertise to understand the main tasks and functions in the work undertaken. At the same time, customer satisfaction makes consumers feel satisfied because of the services provided. This study uses two methods to analyze the customer satisfaction index for the services offered: CSI (Customer Satisfaction Index) and IPA (Index Performance Analysis). The results obtained are pretty satisfactory, with the CSI value at 65.98%, and the IPA analysis says that many attributes still need improvement. Therefore, the Cekik UPPKB should improve services starting from the prioritized order so that in the future, the Cekik UPPKB service can be better, and the services provided can be improved.


Abstrak
UPPKB (Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor) merupakan salah satu tempat pelayanan penimbangan angkutan barang sebagai alat pengawasan muatan angkutan barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja pelayanan di UPPKB (Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor) Cekik. Kinerja merupakan hal untuk mengukur suatu kemampuan dan keahlian seseorang untuk memahami tugas pokok dan fungsi dalam pekerjaan yang dijalani. Sedangkan kepuasan pelanggan adalah suatu hal yang membuat konsumen merasa puas dikarenakan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan dua metode analisis diantaranya indeks kepuasan pelanggan terhadap jasa yang diberikan menggunakan CSI (Customer Satisfaction Index) dan IPA (Index Performance Analysis). Hasil perolehan dari analisis yaitu cukup puas, dimana nilai CSInya yaitu 65,98% dan perolehan analisis IPA mengatakan bahwa masih banyak atribut yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, pihak UPPKB (Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor) Cekik seharusnya memperbaiki pelayanan mulai dari urutan yang diprioritaskan agar kedepannya pelayanan UPPKB (Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor) Cekik dapat lebih baik dan meningkatkan pelayanan yang diberikan.

Author Biographies

Anna Julia Sihombing, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi D-III Manajemen Logistik
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Ni Made Inten Indrayani Timur, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi D-III Manajemen Logistik
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Gilang Abdilah Hidayat, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi D-III Manajemen Logistik
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Arif Devi Dwipayana, Politeknik Transportasi Darat Bali

Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Published
2024-06-30
How to Cite
SIHOMBING, Anna Julia et al. KINERJA PELAYANAN UNIT PELAKSANA PENIMBANGAN KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP PENIMBANGAN ANGKUTAN BARANG (STUDI KASUS PADA UPPKB CEKIK JEMBRANA). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 241-249, june 2024. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/49570>. Date accessed: 03 july 2024.