PENGARUH PENERAPAN SISTEM INAPORTNET DAN KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN AGEN PELAYARAN PADA KSOP KELAS III KOTABARU - BATULICIN
Abstract
System Inaportnet this has transparent and fair character for exchange data and information by integrated. Inaportnet alone is device highly planned electronics so that could keep going accessed wherever and whenever. A number of obstacles were found when using the Inaportnet system, then the services provided were still found to have several weaknesses that affect the satisfaction of shipping agents. The purpose of the study was to determine the effect of implementing the Inaportnet system and service performance partially and simultaneously on the satisfaction of shipping agents. Method used that is descriptive quantitative. The population of this study was 33 people using a saturated sample. Data collection techniques using literature study, observation, questionnaires and documentation. Data analysis was performed with multiple linear regression. The results showed that the application of system Inaportnet and performance service has a significant positive effect by partial and simultaneous to satisfaction agent shipping on KSOP Class III Kotabaru – Batulicin.
ABSTRAK
Sistem Inaportnet ini memiliki karakter yang transparan dan adil untuk bertukar data dan informasi secara terintegrasi. Inaportnet sendiri merupakan perangkat elektronik yang sangat terencana sehingga dapat terus diakses dimanapun dan kapanpun. Sejumlah kendala ditemukan pada saat menggunakan sistem Inaportnet, kemudian pelayanan yang diberikan masih dijumpai beberapa kelemahan yang mempengaruhi kepuasan agen pelayaran. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem Inaportnet dan kinerja pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan agen pelayaran. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 33 orang dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem Inaportnet dan kinerja pelayanan berpengaruh positif signifkan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan agen pelayaran pada KSOP Kelas III Kotabaru – Batulicin.