ANALISIS KONSEP PEMBANGUNAN BERORIENTASI TRANSIT (TOD) DI STASIUN KRL DEPOK BARU
Abstract
The population of DKI Jakarta continues to increase every year, causing urban sprawl to the surrounding areas (Jabodetabek). This causes several problems, one of which congestion due to the massive use of private vehicles. To increase the use of public transportation, a Transit-Oriented Development (TOD) concept was introduced as a development concept centered on transit nodes, one of which is located at the Depok Baru KRL Station. This study aims to analyze the TOD concept at Depok Baru Station by TOD standards and principles. The assessment instrument used to analyze is the TOD Standard from the Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) and the Readiness Indicators for Transit-Oriented Areas. An assessment and analysis found that the TOD of Depok Baru Station did not meet all the aspects contained in the TOD standards and principles. There need some improvements in several aspects to achieve maximum TOD function.
ABSTRAK
Populasi penduduk DKI Jakarta setiap tahunnya terus mengalami peningkatan sehingga mendorong terjadinya fenomena urban sprawl ke wilayah sekitarnya (Jabodetabek). Salah satu permasalahan yang timbul dari fenomena tersebut adalah kemacetan akibat masifnya penggunaan kendaraan pribadi. Untuk meningkatkan penggunaan angkutan umum massal, diperkenalkan sebuah konsep Transit-Oriented Development (TOD) sebagai konsep pengembangan yang terpusat pada simpul transit salah satunya pada Stasiun KRL Depok Baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep TOD Stasiun Depok Baru sesuai dengan standar dan prinsip TOD. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menganalisis adalah TOD Standard dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) dan Indikator Kesiapan TOD. Hasil penilaian dan analisis menunjukkan bahwa TOD Stasiun Depok Baru belum memenuhi semua aspek terdapat dalam standar dan prinsip TOD. Perlu adanya perbaikan atau peningkatan pada beberapa aspek untuk mencapai nilai dan fungsi TOD yang maksimal.