REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KABUPATEN TANA TIDUNG

  • Nurushofiah Safarina Politeknik Transportasi Darat
  • Evi Fadhilah Politeknik Transportasi Darat Indonesia
  • Tertib Sinulingga Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Abstract

The Central Business District (CBD) area of Tana Tidung Regency is in zone 1 with an area of 31,2 Ha with land use characteristics in the form of a trading area located in Tideng Pale Village surrounded by entrances in the form of Jenderal Sudirman 1 Street, Perintis Street, Tanah Abang Street, Ahmad Yani Street, Amantawa Street, and TMD Street, most of which apply the one-way system. It is also supported by the existence of the Tideng Pale Speedboat Port so there is 13.336 trips/day in the CBD area of Tana Tidung Regency. The high generation and attraction in the CBD area of Tana Tidung Regency raise several transportation problems, including on-street parking on Jenderal Sudirman 1 Street, Perintis Street, and Tanah Abang Street due to the unavailability of adequate SRP, pedestrian facilities available not by following per under standard and is only found on Jenderal Sudirman 1 Street and Perintis Street and street vendors are selling on the sidewalk so pedestrian facilities are not optimal. This has an impact on the performance indicators of roads around the CBD area of Tana Tidung Regency, the lowest is on Perintis Street with a V/C ratio value of 0,54, travel speed of 27,12 km/hour, and traffic density of 34,40 smp/km. Based on these conditions, it is necessary to conduct a study on traffic management with approaches to capacity management, priority management, and demand management to increase the efficiency of traffic movement of people and vehicles with a high level of accessibility.


ABSTRAK


Kawasan Central Business District (CBD) Kabupaten Tana Tidung berada pada zona 1 dengan luas wilayah sebesar 31,2 Ha dengan karakteristik tata guna lahan berupa kawasan perdagangan yang terletak di Desa Tideng Pale dengan dikelilingi akses masuk berupa ruas Jalan Jenderal Sudirman 1, Jalan Perintis, Jalan Tanah Abang, Jalan Ahmad Yani, Jalan Amantawa, dan Jalan TMD yang sebagian besar menerapkan sistem satu arah (SSA). Didukung pula dengan adanya Pelabuhan Speedboat Tideng Pale sehingga terjadi bangkitan dan tarikan perjalanan pada kawasan CBD Kabupaten Tana Tidung sebesar 13.336 perjalanan orang/hari. Tingginya bangkitan dan tarikan pada kawasan CBD Kabupaten Tana Tidung menimbulkan beberapa permasalahan transportasi, antara lain terdapat parkir on street pada ruas Jalan Jenderal Sudirman 1, Jalan Perintis, dan Jalan Tanah Abang karena belum tersedianya SRP yang memadai, fasilitas pejalan kaki yang tersedia belum sesuai dengan standar dan hanya terdapat pada ruas Jalan Jenderal Sudirman 1 dan Jalan Perintis serta terdapat pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar sehingga fasilitas pejalan kaki belum optimal. Hal tersebut berdampak pada indikator kinerja ruas jalan di sekitar kawasan CBD Kabupaten Tana Tidung terendah berada pada ruas Jalan Perintis dengan nilai V/C ratio sebesar 0,54, kecepatan perjalanan sebesar 27,12 km/jam, dan kepadatan lalu lintas sebesar 34,40 smp/km. Dari kondisi tersebut, perlu dilakukan studi tentang penataan lalu lintas dengan pendekatan manajemen kapasitas, manajemen prioritas, dan manajemen demand guna meningkatkan efisiensi dari pergerakan lalu lintas orang maupun kendaraan dengan tingkat aksesibilitas tinggi.

Author Biographies

Nurushofiah Safarina, Politeknik Transportasi Darat

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD
Jl. Raya Setu

Evi Fadhilah, Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD
Jl. Raya Setu

Tertib Sinulingga, Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD
Jl. Raya Setu

Published
2023-07-31
How to Cite
SAFARINA, Nurushofiah; FADHILAH, Evi; SINULINGGA, Tertib. REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KABUPATEN TANA TIDUNG. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 240-250, july 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44890>. Date accessed: 20 may 2024.