PENGARUH CRUISE CONTROL TERHADAP KESELAMATAN BERKENDARA DI JALAN TOL

  • Egi Firlana Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Haeny Alfiana Nurcahyani Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Arif Devi Dwipayana Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ahmad Firdan Al Hadi Politeknik Transportasi Darat Bali

Abstract

The industrial era 4.0, affecting vehicle development technology, currently we are presented with various advanced systems in vehicles that are able to increase the level of driver safety, even though the development of each system is still not perfect. Based on BPJT simulation data conducted in December 2020, the travel time of vehicles passing on inner-city toll roads is 69 km/hour, while the average travel time of vehicles passing on outer or intercity toll roads is 82 km/hour. Vehicle drivers find it difficult to maintain a constant speed when on the toll road. This is not a safe thing, so the risk of accidents can increase due to the unstable speed of the vehicle. The purpose of this study is to identify and examine more deeply the use of Cruise Control/Adaptive Cruise Control in order to reduce the potential for traffic accidents to support safety aspects in the development of land transportation modes in Indonesia. Adaptive Cruise Control (ACC) plays a role in reducing the rate of accidents and traffic jams by detecting the speed of the vehicle in front, then the system instructs the car to adjust speed and maintain distance with the help of brakes and brake action regulators. In this case, ACC is useful to help the driver maintain a stable driving speed and automatic braking work.


ABSTRAK
Era industri 4.0, mempengaruhi teknologi perkembangan kendaraan, saat ini kita disuguhkan dengan berbagai sistem canggih dalam kendaraan yang mampu meningkatkan tingkat keselamatan pengendara, meski begitu perkembangan dari setiap sistem masih belum sempurna. Berdasarkan data simulasi BPJT yang dilakukan pada Desember 2020, waktu tempuh kendaraan yang melintas di jalan tol dalam kota adalah 69 km/jam, sedangkan rata-rata waktu tempuh kendaraan yang melints di jalan tol luar atau antarkota adalah 82 km/jam. Para pengemudi kendaraan kesulitan dalam mengatur kecepatan yang konstan ketika berada pada jalan tol. Hal ini bukan merupakan hal yang aman, sehingga resiko kecelakaan pun dapat meningkat akibat tidak konstannya kelajuan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengkaji lebih dalam mengenai penggunaan Cruise Control/Adaptive Cruise Control dalam rangka mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas untuk mendukung aspek keselamatan pada perkembangan moda transportasi darat di Indonesia. Adaptive Cruise Control (ACC) berperan dalam untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan kemacetan lalu lintas dengan mendeteksi kecepatan kendaraan di depan, selanjutnya sistem memerintahkan mobil untuk menyesuaikan kecepatan dan menjaga jarak dengan bantuan rem dan pengatur kerja rem. Dalam hal ini, ACC berguna membantu pengemudi menjaga kestabilan kecepatan berkendara dan kerja pengereman yang otomatis.

Author Biographies

Egi Firlana, Politeknik Transportasi Darat Bali

Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Samsam, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali

 

Haeny Alfiana Nurcahyani, Politeknik Transportasi Darat Bali

Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Samsam, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali

 

Arif Devi Dwipayana, Politeknik Transportasi Darat Bali

Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Samsam, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali
*) Corresponding Author

 

Ahmad Firdan Al Hadi, Politeknik Transportasi Darat Bali

Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Samsam, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali

 

Published
2023-12-23
How to Cite
FIRLANA, Egi et al. PENGARUH CRUISE CONTROL TERHADAP KESELAMATAN BERKENDARA DI JALAN TOL. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 699-707, dec. 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44780>. Date accessed: 29 apr. 2024.