ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SUROBOYO BUS DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

  • Ninda Dwi Septiyani Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Fitri Rohmah Widayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Congestion is a condition of stopped traffic due to the dense number of motorists on the highway and is often found in the city of Surabaya. Based on these problems, Suroboyo Bus is an alternative to overcome the congestion that occurs. Suroboyo Bus is expected to provide maximum service to realize the satisfaction of its users. This study aims to determine the characteristics and level of satisfaction of Suroboyo Bus users using the Importance Performance Analysis (IPA) method. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires to 60 respondents of Suroboyo Bus users at random and it can be concluded that the characteristics of Suroboyo Bus users came from students (61,7%) and private employees (25%) who were donated by women with the intention of dominant travel being used as tourism (60%). Based on the level of user satisfaction, there are 6 attributes in quadrant A that need to be improved, such as the suitability of the departure schedule with the GOBIS application, the availability of K3 tools on the bus, travel time, the condition of the bus stop, the waiting time at the nearest stop, and special disability facilities at the Suroboyo Bus stop.


ABSTRAK


Kemacetan merupakan kondisi berhentinya lalu lintas akibat padatnya jumlah pengendara di jalan raya dan sering dijumpai di Kota Surabaya. Berpijak pada permasalahan tersebut, Suroboyo Bus menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan yang terjadi. Suroboyo Bus diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal untuk mewujudkan kepuasan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan tingkat kepuasan pengguna Suroboyo Bus menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden pengguna Suroboyo Bus secara acak dan dapat disimpulkan bahwa karakteristik pengguna Suroboyo Bus berasal dari kalangan mahasiswa (61,7%) dan karyawan swasta (25%) yang didominasi oleh perempuan dengan maksud perjalanan dominan digunakan sebagai wisata sebesar (60%). Berdasarkan tingkat kepuasan pengguna terdapat 6 atribut pada kuadran A yang perlu diperbaiki, seperti kesesuaian jadwal keberangkatan dengan aplikasi GOBIS, ketersediaan alat-alat K3 di dalam bus, waktu tempuh, kondisi halte, waktu tunggu di halte terdekat, dan fasilitas khusus disabilitas pada halte Suroboyo Bus.

Author Biographies

Ninda Dwi Septiyani, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi D4 Transportasi
Universitas Negeri Surabaya
Jl. Ketintang, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60231

Anita Susanti, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi D4 Transportasi
Universitas Negeri Surabaya
Jl. Ketintang, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60231

Fitri Rohmah Widayanti, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Transportasi
Universitas Negeri Surabaya
Jl. Ketintang, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60231

*)Corresponding Author

Published
2023-12-23
How to Cite
SEPTIYANI, Ninda Dwi; SUSANTI, Anita; WIDAYANTI, Fitri Rohmah. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SUROBOYO BUS DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 657-666, dec. 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44761>. Date accessed: 29 apr. 2024.