EVALUASI KEKUATAN STRUKTUR FRAME BOLSTER BOGIE TRAM MOVER TMII PT INKA MENGGUNAKAN METODE FEM
Abstract
Bogie is a wheels unit system of railway vehicles, includes a complete structure equipped with a braking system, springs and propulsion equipment. Bogie has a main construction consisting of a frame and a bolster. One of the tests carried out in the test facility design and construction, was a simulation using the ANSYS Workbench software with the UIC 615-4 standard on the frame and UIC 510-3 on the bolster and according to the standards required by the Minister of Transportation Regulation Number: KM 42 of 2010. Based on this simulation, it is found that the maximum stress occurred at 38,498 MPa on the frame and 158,68 MPa on the bolster. This value was considered safe because below the allowable stress required by standardization for SS400 material, which is 245 MPa. The maximum vertical deflection occurred in the vertical and longitudinal loading with value of -2,6604 mm in the bolster.
ABSTRAK
Bogie merupakan sistem kesatuan roda pada kereta api yang meliputi suatu rangka yang dilengkapi dengan sistem pengereman, pemegasan dan peralatan penggerak. Bogie mempunyai konstruksi utama yang terdiri dari frame dan bolster. Dalam uji rancang bangun sarana salah satunya dilakukan simulasi menggunakan software ANSYS Workbench dengan standar UIC 615-4 pada frame dan UIC 510-3 pada bolster serta sesuai standar yang dipersyaratkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM. 42 Tahun 2010. Dari simulasi ini diperoleh bahwa tegangan maksimum terjadi sebesar 38,498 MPa pada frame dan 158,68 MPa pada bolster. Nilai tersebut dianggap aman dikarenakan masih di bawah tegangan izin yang dipersyaratkan oleh standarisasi, yaitu 245 MPa tegangan izin dari material SS400. Defleksi vertikal maksimum terjadi pada kasus pembebanan vertikal dan longitudinal dengan nilai -2,6604 mm yang terjadi pada bolster.