ESTIMASI PENURUNAN LAPISAN BALAS AKIBAT TONASE TAHUNAN (PASSING TONAGE) PADA PETAK JALAN YOGYAKARTA – PATUKAN

  • Andhara Fatikhandi Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Muh. Adib Kurniawan Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Adya Aghastya Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Abstract

The ballast layer is the first layer that receives load distribution from the superstructure layer so that it will experience a change in shape (deformation). The plastic deformation that happens will be more significant if the railroad receives a large cross load or repeated load. So, in this study, an estimation/prediction of changes in shape in the form of a decrease in the ballast layer caused by the annual tonnage (passing tonnage) on the railroad in the Yogyakarta - Patukan section was carried out. This research uses the equation found by Ernest T. Selig and John M. Waters (1994) in the book Track Geotechnology and Substructure Management by taking into account the annual tonnage and cyclic loading factors. In addition, ballast volume calculations are also carried out to determine the need for additional ballast in the area required. As result, the decrease in the ballast layer, the largest decrease is in KM 538 + 700 s/d 538 + 800 downstream line and KM 539 + 200 s / d 539 + 300 upstream lines with a large decrease of 3,08 cm/tahun.


ABSTRAK


Lapisan balas merupakan lapisan pertama yang menerima pendistribusian beban dari lapisan superstruktur sehingga akan mengalami perubahan bentuk (deformasi). Deformasi plastis yang terjadi akan semakin signifikan jika jalan rel menerima beban lintas atau beban berulang yang besar sehingga pada penelitian ini dilakukan estimasi/prediksi perubahan bentuk berupa penurunan lapisan balas yang diakibatkan oleh tonase tahunan (passing tonage) pada jalan rel di petak jalan Yogyakarta – Patukan yang dan perawatannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan persamaan yang ditemukan oleh Ernest T. Selig dan John M. Waters (1994) pada buku Track Geotechnology and Substructure Management dengan memperhitungkan faktor tonase tahunan dan pembebanan siklik. Selain itu juga dilakukan perhitungan volume balas di lapangan untuk mengetahui kebutuhan penambahan balas pada lokasi balas yang kurang. Hasil dari penelitian ini adalah penurunan lapisan balas terjadi penurunan terbesar di KM 538 + 700 s/d 538 + 800 jalur hilir dan KM 539 + 200 s/d 539 + 300 jalur hulu dengan besar penurunan 3,08 cm/tahun.

Author Biographies

Andhara Fatikhandi, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Jl. Tirta Raya, Pojok, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo,
Madiun, Jawa Timur 63161

Muh. Adib Kurniawan, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Jl. Tirta Raya, Pojok, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo,
Madiun, Jawa Timur 63161

Adya Aghastya, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Jl. Tirta Raya, Pojok, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo,
Madiun, Jawa Timur 63161

Published
2023-07-31
How to Cite
FATIKHANDI, Andhara; KURNIAWAN, Muh. Adib; AGHASTYA, Adya. ESTIMASI PENURUNAN LAPISAN BALAS AKIBAT TONASE TAHUNAN (PASSING TONAGE) PADA PETAK JALAN YOGYAKARTA – PATUKAN. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 174-184, july 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44754>. Date accessed: 19 dec. 2024.