KARAKTERISTIK POLA RADIASI LED TIPE DIP DAN SMD PADA PENGGUNAAN LAMPU SINYAL

  • Gagas Priambudi Netio Utomo Politeknik Perkeretaapian Indonesia
  • Mariana Diah Puspitasari Politeknik Perkeretaapian Indonesia
  • Fathurrrozi Winjaya Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Abstract

LED lamps have many types including DIP and SMD, DIP and SMD type LEDs are the types of LEDs used in train signal lights today, although there are still those that use mechanical signals and incandescent lamps. Therefore, the author conducted an experimental study of the tool to find out the characteristics of DIP and SMD type LEDs and the brightness of radiation patterns in the use of railway signal lights. This experimental research aims to determine the characteristics of DIP and SMD type LEDs in the use of signal lights and to determine the brightness (lumen) of radiation patterns of DIP and SMD type LEDs seen from an angle of 0 ° to 180 ° and a measuring distance of 20 cm with a Lux Meter measuring instrument. The research method used is an experimental test with the manufacture of tools as well as testing on tools and data collection carried out by observation and from sources obtained primarily (directly) or secondarily (indirectly). The analysis of each resulting data can be concluded according to its function. Although these two LEDs have their own advantages and disadvantages, the conclusion that can be taken in this study is the characteristic (I-V) of the use of LEDs with high voltage and weak current is LED DIP.


ABSTRAK


Lampu LED memiliki banyak tipe diantaranya DIP dan SMD, LED tipe DIP dan SMD merupakan tipe LED yang digunakan pada lampu sinyal Kereta Api (KA) saat ini, meskipun masih ada yang menggunakan sinyal mekanik dan lampu pijar. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian eksperimen alat untuk mengetahui karakteristik LED tipe DIP dan SMD dan kecerahan pola radiasi pada penggunaan lampu sinyal kereta api. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik dari LED tipe DIP dan SMD pada penggunaan lampu sinyal dan untuk mengetahui kecerahan (lumen) pola radiasi dari LED tipe DIP dan SMD yang dilihat dari sudut 0° sampai 180° dan jarak ukur 20 cm dengan alat ukur Lux Meter. Metode penelitian yang digunakan yakni uji eksperimen dengan pembuatan alat serta pengujian pada alat dan pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan dan dari sumber sumber yang didapatkan secara primer (langsung) maupun sekunder (tidak langsung). Analisis dari setiap data yang dihasilkan dapat disimpulkan sesuai dengan fungsinya. Meskipun kedua LED ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yakni karakteristik (I-V) dan (V-Lux) penggunaan LED dengan tegangan yang tinggi dan arus yang lemah adalah LED DIP.

Author Biographies

Gagas Priambudi Netio Utomo, Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Teknologi Elektro Perkeretaapian
Politeknik Perkeretaapian Indonesia
Jl. Tirta Raya, Pojok, Sambirejo, Kec. Jiwan, Kota Madiun, Jawa Timur

Mariana Diah Puspitasari, Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Teknologi Elektro Perkeretaapian
Politeknik Perkeretaapian Indonesia
Jl. Tirta Raya, Pojok, Sambirejo, Kec. Jiwan, Kota Madiun, Jawa Timur

Fathurrrozi Winjaya, Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Teknologi Elektro Perkeretaapian
Politeknik Perkeretaapian Indonesia
Jl. Tirta Raya, Pojok, Sambirejo, Kec. Jiwan, Kota Madiun, Jawa Timur

*)Corresponding Author

Published
2023-12-23
How to Cite
UTOMO, Gagas Priambudi Netio; PUSPITASARI, Mariana Diah; WINJAYA, Fathurrrozi. KARAKTERISTIK POLA RADIASI LED TIPE DIP DAN SMD PADA PENGGUNAAN LAMPU SINYAL. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 571-580, dec. 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44747>. Date accessed: 29 apr. 2024.