Analisis Kualitas Layanan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Semeru dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

  • Yovita Inggar Mawardi Universitas Jember
  • Ratri Wulandari Universitas Jember
  • Gusti Kinanti Wahyu Istiqomah Universitas Jember
  • Rheynaldi Lintang Susila Universitas Jember
  • Aulia Ilecsi Hendriavi Universitas Jember

Abstract

Perumahan merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat. Perumahan dan permukiman yang bagus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas hidup dan pemerataan kesejahteraan rakyat. pengadaan rumah susun adalah  salah satu alternatif untuk menangani permasalahan kebutuhan perumahan dan permukiman yang ada di kota yang cenderung memiliki peningkatan penduduk yang cukup pesat. Rumah susun merupakan solusi alternatif yang cukup efektif karena pembangunan rumah susun dapat menghemat penggunaan tanah, membuat peremajaan kota bagi daerah yang kumuh, dan memberikan bantuan terhadap Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Kebutuhan hunia untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) semakin terua meningkat, untuk mengatasi permasalahan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah, salah satu kebijakan dan strategi Pemerintah Kota Probolinggo dalam membantu masyarakat untuk menyediakan tempat tinggal bagi keluarga kurang mampu adalah dengan adanya penyediaan Rumah Susun (Rusunawa) Semeru. Dengan adanya Rusunawa diharapkan mampu memberikan hunian yang nyaman dan layak untuk bisa meningkatkan kualitas hidup penghuni Rusunawa. Namun, fungsi dari rusunawa tersebut kenyataannya belum tercapai karena hanya melihat bentuk fisik dari rusunawa tanpa melihat persepsi dan kebutuhan sarana prasarana dari penghuni. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat variabel – variabel sarana prasarana yang belum optimal dikarenakan tidak terawat dan pengelolaannya masih belum optimal, berdasarkan analisis tingkat kepuasan masyarakat penghuni rusunawa dihasilkan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan. Dengan strategi tersebut diharapakan bisa terealisasi dan dapat menunjang keberlangsungan kehidupan yang lebih baik lagi untuk penghuni Rusunawa Semeru.

Published
2020-08-11
How to Cite
MAWARDI, Yovita Inggar et al. Analisis Kualitas Layanan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Semeru dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). MATRAPOLIS: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-14, aug. 2020. ISSN 2745-8520. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/MATRAPOLIS/article/view/19218>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/matrapolis.v1i1.19218.
Section
Articles