Analisis Penggunaan Kalimat Persuasif Dalam Strategi Komunikasi Penjualan Online Pada Aplikasi Belanja Online Shopee

  • Siti Mutmainah Universitas Al-Falah Assunniyah Kencong Jember
  • Putri Wulandari

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini membuat kegiatan transaksi jual beliĀ  baik berupa barang ataupun jasa bisa dilakukan melalui platform di internet. Terdapat beberapa platform aplikasi belanja online, seperti shopee, lazada, tokopedia, dan bukalapak. Berdasarkan hasil survei google playstore diperoleh gambaran bahwa shopee menduduki aplikasi belanja online dengan jumlah pengguna terbanyak sekitar 100 juta lebih pengguna. Kelangsungan kegiatan transaksi jual beli tersebut bergantung terhadap kemampuan penjual dalam meyakinkan seseorang agar membeli produk yang dijualnya. Untuk menyakinkan seseorang dalam suatu program transaksi harus didukung melalui strategi komunikasi yang efektif. Salah satu contohnya dengan menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif adalah suatu kalimat yang digunakan oleh seseorang kepada orang lain pada waktu tertentu untuk membujuk, memengaruhi, dan meyakinkan konsumen agar mengikuti kemauan penutur baik secara langsung maupun tidak langsung. Penggunaan kalimat persuasif ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan periklanan atau promosi pemasaran produk, khususnya dalam aplikasi belanja online shopee. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif. kalimat persuasif adalah suatu kalimat yang digunakan oleh seseorang kepada orang lain pada waktu tertentu untuk membujuk, memengaruhi, dan meyakinkan konsumen agar mengikuti kemauan penutur baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan adanya kalimat persuasif tersebut sangat bermanfaat untuk menarik perhatian calon pembeli. Terbukti dengan penggunaan kalimat persuasive pada beberapa merk dagang di aplikasi online shopee berhasil mencapai penjualan sekitar 10 ribu penjualan, bahkan penjualannya bisa lebih dari itu.

Published
2024-06-07
How to Cite
MUTMAINAH, Siti; WULANDARI, Putri. Analisis Penggunaan Kalimat Persuasif Dalam Strategi Komunikasi Penjualan Online Pada Aplikasi Belanja Online Shopee. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 70-78, june 2024. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/47565>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/linsko.v3i1.47565.