Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Aprilia Sukmawati Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Fina Nurul Aini IAIN Kediri
  • Mohammad Fikri Zulfikar Institut Agama Islam Negeri Kediri

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembelajaran Inquiry. Pembelajaran Inquiry terdiri dari metode diskusi, penugasan,eksperimen, dan tanya jawab. Metode diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusunan berbagai alternatif pemecahan atas sesuatu masalah. Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Metode eksperimen bertujuan untuk meneliti hubungan sebab akibat dengan memanipulasikan satu atau lebih variabel pada satu atau lebih kelompok eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelompok control yang tidak mengalami manipulasi. Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Upaya guru dalam penggunaan metode tanya jawab dapat membuat pembelajaran menjadi tidak monoton dan membuat siswa terlibat aktif. Metode tanya jawab memiliki kelebihan dan kekurangan yang mana menjadi nilai tambah dan kurang dari metode pembelajaran yang lain.

Published
2023-11-30
How to Cite
SUKMAWATI, Aprilia; AINI, Fina Nurul; ZULFIKAR, Mohammad Fikri. Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 44-53, nov. 2023. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/44124>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/linsko.v2i2.44124.