Semiotika dalam Novel Catatan Juang karya Fiersa Besari dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA

  • Syarifah Saptaning Wahyu Universitas Jember
  • Sukatman Sukatman Universitas Jember
  • Siswanto Siswanto Universitas Jember

Abstract

Simbol-simbol yang terdapat dalam novel merupakan bentuk tanda yang memiliki makna dan interpretasi yang berbeda. Semiotika sebagai teori pendukung untuk menyamakan makna dan interpretasi yang tersirat dalam novel dapat diterapkan dengan baik. Salah satu novel yang cukup relevan adalah novel Catatan Juang karya Fiersa Besari. Selain berupa penciptaan simbol untuk menemukan makna yang tersirat, novel ini juga mengandung motivasi yang dikenal dengan novel fiksi Self-Improvement. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika sastra dan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, narasi dan dialog, serta silabus. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Catatan Juang, buku teori pendukung, artikel, dan jurnal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah teknik reduksi data, penyajian data, prosedur analisis data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi temuan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud simbol, makna simbol, fungsi simbol dan pemanfaatannya sebagai bahan alternatif pembelajaran sastra di kelas XII SMA pada materi mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam novel.

Published
2023-11-30
How to Cite
WAHYU, Syarifah Saptaning; SUKATMAN, Sukatman; SISWANTO, Siswanto. Semiotika dalam Novel Catatan Juang karya Fiersa Besari dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 27-38, nov. 2023. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/42110>. Date accessed: 02 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.1505/linsko.v2i2.42110.