TEKS UJAR BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI ALTERNATIF MATERI MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMK DI JEMBER

  • Bambang Edi Pornomo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Pembelajaran menyimak di sekolah dipandang penting dalam rangka menyiapkan siswa memiliki salah satu kompetensi hidup, yakni berkomunikasi yang baik. Kebanyakan pembelajaran menyimak di SMK masih berfokus pada menyerap informasi simakan sedangkan mengkritisi simakan dikesampingkan. Artinya, pembelajaran menyimak belum sesuai dengan konsep kurikulum. Selain itu, penyajian bahan dalam pembelajaran menyimak di SMK masih tidak ramah siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan pembelajaran menyimak yang ramah siswa, yakni topik dekat dengan lingkungan siswa. Pengembangan menggunakan Four-D Model (4D) dari Thiagarajan dkk. dengan empat tahapan, yaitu: define (penetapan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaranluasan). Data penelitian berupa verbal dan hasil penilaian pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan tes pembelajaran. Dalam penetapan ditemukan adanya ketidaksinergisan konsep pembelajaran menyimak antara kurikulum dengan sajian buku ajar dan rencana pembelajaran yang dirancang guru. Perancangan yang dilakukan yakni penyajian bahan ajar yang ramah anak dan perangkat pembelajaran yang sesuai konsep kurikulum. Pengembangan yang dilakukan dengan pemvalidasian dan uji coba. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan simakan dan perangkat pembelajaran menyimak layak digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran produktif, siswa mencapai nilai di atas KKM, dan siswa mampu mengritisi bahan simakan dengan baik.

Published
2023-07-06
How to Cite
PORNOMO, Bambang Edi. TEKS UJAR BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI ALTERNATIF MATERI MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMK DI JEMBER. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 55-65, july 2023. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/41185>. Date accessed: 04 may 2024.