Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 di SMAN 2 Jember
Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 di SMAN 2 Jember
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi, tingkat kesukaran, dan analisis daya beda pada soal ujian akhir semester ganjil bahasa Indonesia kelas X di SMAN 2 Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluatif. Menurut Kantun (2017) penelitian evaluatif merupakan proses penelitian yang memiliki sifat mengevaluasi kegiatan atau program yang memiliki tujuan untuk menilai keberhasilan program yang sudah dibuat sebelumnya. Data dalam penelitian ini berupa angka- angka dan pemaparan kalimat yang merupakan nilai dari hasil pehritungan rumusan masalah. Sumber data dalam penelitian ini berupa: kisi- kisi soal, kartu soal dan lembar soal ujian akhir semester ganjil bahasa Indonesia kelas X dan nilai ujian akhir semester ganjil bahasa Indonesia kelas X. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas soal yang dibuat berada pada kategori baik, sedangkan untuk tingkat kesukaran soal berada pada kategori rendah dan perlu diperbaiki, dan daya beda masih berada pada kategori perlu diperbaiki/ direvisi, karena belum dapat membedakan kemampuan siswa kategori atas dan kategori bawah.
Kata Kunci: Butir Soal, Validitas Isi, Daya Beda, dan Tingkat Kesukaran
Abstarct
This study aims to determine content validity, level of difficulty, and analysis of differential power in the final exam questions for odd semester Indonesian in class X at SMAN 2 Jember. This type of research is evaluative research. The data in this study are in the form of numbers and sentence exposure which is the value of the calculation results of the problem formulation. Sources of data in this study were: a grid of questions, question cards and question sheets at the end of the odd semester of Indonesian for class X and grades for the final exam for odd semester for class X. Data collection techniques were observation and interviews. The results showed that the validity of the questions made was in the good category, while the level of difficulty and discriminating power were still in the category that needed to be repaired/revised, because they could not distinguish between the abilities of the upper and lower categories of students.
Keywords :Items, Content Validity, Distinction, and Difficulty Level