Analisis Penggunaan Bahasa Vulgar Kalangan Anak Milenial pada Game Mobile Legends di Desa Larangan Luar Larangan Pamekasan

  • St. Suhaimah As Syawaliyah Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura
  • Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura
  • Agik Nur Efendi Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura
  • Moh. Hafid Effendy Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura

Abstract

Vulgar merupakan variasi sosial yang ciri-cirinya berupa pemakaian bahasa oleh kalangan yang kurang terpelajar atau dari kalangan yang tidak berpendidikan sesuai tingkat intelektual penuturnya. Oleh karena itu bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan kata-kata kasar. Kata kasar inilah yang menjadi ciri khas bahasa vulgar. Penelitian mengenai penggunaan bahasa vulgar terjadi pada kalangan anak milenial pada game mobile legends ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan jenis bahasa vulgar yang dituturkan anak milenial Larangan Luar, Larangan, Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.  Sumber data diperoleh melalui data primer yaitu kalangan anak milenial pemain game mobile legends dan data sekunder bisa berupa jurnal, buku, foto maupun internet  yang terkait dengan penelitian. Prosedur pengumpulan data melalui metode simak dengan beberapa teknik dasar berupa teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat serta dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan. Pertama, adanya bentuk-bentuk bahasa vulgar yang biasa digunakan dalam permainan game mobile legends, bentuknya diklasifikasikan pada dua bentuk bahasa vulgar berupa bentuk vulgar bahasa Indonesia dan bentuk vulgar bahasa Daerah atau bahasa Madura. Kedua, jenis bahasa vulgar yang sering digunakan anak milenial dalam permainan game terdapat 8 penggunaan jenis yang berbeda ketika bertutur kata, meliputi keadaan, binatang, makhluk halus, benda-benda, bagian tubuh, kekerabatan, aktivitas, profesi. Namun dari 8 jenis tersebut hanya 1 yang tidak digunakan yaitu jenis kekerabatan.

Published
2023-05-08
How to Cite
AS SYAWALIYAH, St. Suhaimah et al. Analisis Penggunaan Bahasa Vulgar Kalangan Anak Milenial pada Game Mobile Legends di Desa Larangan Luar Larangan Pamekasan. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11-20, may 2023. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/38675>. Date accessed: 15 june 2024.