Representasi Kebudayaan Sumba dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Debat di Kelas X SMA

  • Umy Nasrukhah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember
  • Akhmad Taufiq Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember
  • Siswanto . Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini mengkaji unsur-unsur budaya masyarakat Sumba yang terepresentasi dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi sastra. Sumber data yang digunakan adalah novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo, hasil wawancara, buku, jurnal, dan silabus Bahasa Indonesia kurikulum 2013 pada tingkat SMA kelas X. Data penelitian ini berupa kutipan peristiwa dalam bentuk kata-kata, kalimat, atau paragraf yang mengandung unsur-unsur budaya Sumba dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah baca catat, teknik dokumentasi, dan wawancara tak terstruktur. Sementara itu, metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga unsur budaya yang menonjol dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo, di antaranya adalah sistem kemasyarakatan, sistem pengetahuan, dan sistem religi. Sistem kemasyarakatan masyarakat Sumba meliputi garis keturunan, kabisu, rato, dan tamo. Sistem pengetahuan meliputi kawin culik, belis, pakalak dan payawau, aturan ketika berburu, sirih pinang, cium hidung, mamuli, upacara adat pindah perempuan, ruangan pamali, upacara adat pindah perempuan. Sistem religi meliputi kepercayaan (ajaran Marapu), wulla poddu, kubur batu, dan buku perut ayam. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran teks debat di kelas X SMA.


Kata kunci: antropologi sastra, Sumba, unsur budaya

Published
2022-11-30
How to Cite
NASRUKHAH, Umy; TAUFIQ, Akhmad; ., Siswanto. Representasi Kebudayaan Sumba dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Debat di Kelas X SMA. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-13, nov. 2022. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/31436>. Date accessed: 28 mar. 2024.