Analisis Psikologi Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel William Karya Risa Saraswati dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

  • Muhammad Akbar Maulana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Abstract

Analisis kepribadian merupakan usaha untuk menguraikan dan mendeskripsikan kepribadian yang dilakukan sec ra sistematis. Tokoh utama memiliki daya tarik pada kepribadian yang pendiam, senang menyendiri, dan pemikiran yang melebihi anak seusianya. Keunikan kepribadian yang dimiliki terbentuk sebagai hasil perpaduan faktor keturunan dan lingkungan. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu:(1)Bagaimana unsur intrinsik novel William meliputi tokoh,tema,dan latar; (2)bagaimana struktur kepribadian tokoh utama; (3)bagaimana pengaruh faktor keturunan dan lingkungan terhadap kepribadianutama; dan (4)pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Rancangan pada penelitian ini adalah rancangan kualitatif dengan jenis penelitian deskiptif dan didukung dengan pendekatan psikologi kepribadian Carl Gustav Jung. Hasil penelitian me unjukkan bahwa: (1)Tokoh, latar, dan tema menunjukkan bahwa unsur intrinsik saling berkaitan dan mendukung terbentuknya kepribadian tokoh utama; (2)struktur kepribadian berupa kesadaran dan ketidaksadaran menunjukkan tokoh utama memiliki sikap jiwa introvert, fungsi jiwa perasa, kompleks, dan arketipe yang terbentuk akibat adanya pengaruh faktor keturunan dan lingkungan; (3)faktor lingkungan sangat dominan dalam mempengaruhi struktur kepribadian tokoh dibanding dengan faktor keturunan; dan (4)guru diharapkan menggunakan hasil penelitian sebagai alternatif materi pembelajaran pada kurikulum dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan mampu melakukan pembahasan tentang materi: (1)unsur intrinsik berupa tokoh, tema, dan latar; (2)kepribadian tokoh meliputi struktur kepribadian; dan (3)faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepribadian berupa faktor keturunan dan lingkungan.

Published
2022-11-30
How to Cite
MAULANA, Muhammad Akbar. Analisis Psikologi Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel William Karya Risa Saraswati dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 37-49, nov. 2022. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/23355>. Date accessed: 27 jan. 2023.