ANALISIS SALURAN DAN TINGKAT EFISIENSI PEMASARAN BERAS SEMI ORGANIK DI KECAMATAN RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN

  • Muhammad Arbi Universitas Sriwijaya
  • Thirtawati Thirtawati
  • Yulian Junaidi

Abstract

Kajian dilakukan terhadap 30 petani padi yang telah melakukan budidaya padi semi organik dan dipilih secara acak sederhana dari 95 petani padi semi organik di wilayah Desa Pangkalan Gelebak Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Selanjutnya dari tigapuluh responden ditelusuri alur pemasaran berasnya dengan menggunakan metode snow ball dan diperoleh sebanyak 2 orang pedagang pengepul dan 1 orang pedagang pengecer. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui saluran pemasaran beras semi organik dari tingkat petani sampai ke konsumen, mengetahui struktur pasar dan perilaku pemasaran beras semi organik yang terjadi, dan menganalisis besar tingkat efisiensi pemasaran dari setiap saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran dari masing-masing lembaga pemasaran pada setiap saluran pemasaran beras semi organik di Desa Pangkalan Gelebak Kecamatan Rambutan Kabuapten Banyuasin. Kajian dirancang dengan metode survey, menggunakan kuisioner sebagai pedoman wawancara terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terbentuk dari kegiatan pemasaran beras semi organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin terdiri dari 2 (dua) saluran yaitu saluran 1 (petani-pengepul desa-pengepul besar-pengecer-konsumen) dan saluran 2 (petani-pengepul desa-konsumen). Struktur pasar yang terjadi termasuk dalam kategori pasar persaingan monopolistik karena konsumen, harga, produk, dan transaksi tidak dikuasai pihak manapun. Tingkat efisiensi pemasaran beras semi organik pada tiap saluran pemasaran yang terbentuk dikategorikan efisien.

References

Andoko, Agus, 2005, Budidaya Padi Secara Organik, Jakarta: Penebar Swadaya.

Arbi, M. 2016. Kajian Sebaran Produksi dan Perdagangan serta Karakteristik Konsumen Sayuran Hidroponik di Kota Palembang. Madura: Jurnal Agroekonomika. Vol. 5,No. 1:54-63.

Assuari, M. 2002. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Raja Grafinso Persada. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2012. Kecamatan Rambutan dalam Angka 2012.BPS, Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Limbong, Wilson H dan Panggabean Sitorus. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Nasoetion, A. 2011. Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian. PT. Pustaka Litera Antar Nusa. Jakarta.

Nurmalina, R. 2007. Model Ketersediaan Beras yang Berkelanjutan untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Disertasi. Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Purnamaningsih, R. 2006. Induksi Kalus dan Optimasi Regenerasi Empat Varietas Padi Melalui Kultur In Vitro. Jakarta. Jurnal Agrobiogen. Vol. 2, No. 2:74-80.

Samuelson, Paul A. Dan Nordhaus William D. 1996. Makro Ekonomi. Edisi ke- 17. Cetakan ketiga. Jakarta: Erlangga.

Sastraatmadja, E. 1987. Ekonomi Pertanian Indonesia. Angkasa. Bandung.

Shim, K. J. Dan J. G. Siegel. 1992. Modern Cost Management and Analysis. Barron’s Business Library. New York.

Sjarkowi, F. Dan M. Sufri. 2002. Manajemen Agribisnis. CV. Baldad Grafiti Press. Palembang.

Soekartawi. 1996. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Sukristiyonubowo, R., H. Wiwik, A. Sofyan, H.P Benito, and S.D Neve. 2011. Change from Conventional to Organic Rice Farming System: Biophysical and Socioeconomic Reasons. International Research. J. Agric. Sci. Soil Sci. 1(5): 172-182.

Syohfitra, M. 2007. Analisis Pemasaran Duku dari Desa Kecamatan Rasuan Kecamatan Madang Suku Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ke Jakarta. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Indralaya.

Utomo, M. dan Nazaruddin. 2003. Bertanam Padi Sawah Tanpa Olah Tanah. Penebar Swadaya. Jakarta
Published
2018-06-18
How to Cite
ARBI, Muhammad; THIRTAWATI, Thirtawati; JUNAIDI, Yulian. ANALISIS SALURAN DAN TINGKAT EFISIENSI PEMASARAN BERAS SEMI ORGANIK DI KECAMATAN RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), [S.l.], v. 11, n. 1, p. 22-32, june 2018. ISSN 2356-2382. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/7151>. Date accessed: 05 june 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jsep.v11i1.7151.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.