FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETANI MELAKUKAN TUNDA JUAL DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

  • Muhammad Arbi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seorang petani bawang merah yang melakukan tunda jual dan tidak melakukan tunda jual, 2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam memanfaatkan gudang induk bawang merah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode penarikan petani contoh digunakan metode acak sebanding (proporsioanal random sampling.  Tujuan pertama dijawab dengan menggunakan rumus pendapatan dan untuk menguji hipotesisnya digunakan uji t-test student, sedangkan tujuan kedua dan ketiga dijawab dengan menggunakan model regresi binary logistic. Hasil analisis menggunakan regresi binary logistic menunjukkan bahwa umur, harga, pendapatan, penangkar, dan pekerjaan sampingan berpengaruh nyata terhadap keputusan petani untuk melakukan tunda jual atau tidak. Jarak dan pengurus gudang berpengaruh secara nyata terhadap keputusan petani untuk memanfaatkan gudang induk bawang merah sebagai tempat menyimpan bawang merah selama melakukan kegiatan tunda jual. Hasil kajian menunjukan keberadaan gudang induk bawang merah belum dimanfaatkan secara efektif oleh petani bawang merah yang ada di Kecamatan Sanden, hal tersebut terbukti  dari 90 petani responden, diketahui hanya sebesar 12,2% (11 petani) yang memanfaatkan gudang.

Keyword : Harga, Keputusan Petani,Tunda Jual, Gudang

Published
2011-11-01
How to Cite
ARBI, Muhammad. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETANI MELAKUKAN TUNDA JUAL DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), [S.l.], v. 5, n. 3, p. 39-44, nov. 2011. ISSN 2356-2382. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/439>. Date accessed: 18 june 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.