FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI PRODUK KOPI ARABIKA MATT COFFEE DI KABUPATEN BONDOWOSO
FACTORS THAT INFLUENCE THE CONSUMTION OF ARABICA'S MATT COFFEE IN BONDOWOSO DISTRICT
Abstract
UD Matt Coffee merupakan salah satu agroindustri kopi yang mengolah produk Kopi Arabika Java Ijen-Raung di Kabupaten Bondowoso. Adanya persaingan antar brand lokal Kopi Arabika Java Ijen-Raung di Kabupaten Bondowoso selain kopi Matt Coffee membuat konsumen Kopi Arabika Java Ijen-Raung dihadapkan dengan berbagai macam alternatif pilihan brand Kopi Arabika Java Ijen-Raung. Oleh karena itu, UD Matt Coffee perlu mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam memilih dan mempertahankan pilihan terhadap produk Kopi Arabika Java Ijen-Raung Matt Coffee untuk menjaga eksistensi produk di mata konsumen. Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk Kopi Arabika Java Ijen-Raung Matt Coffee di Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah dengan metode purposive method. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Kopi Arabika Java Ijen-Raung Matt Coffee didominasi oleh laki-laki berusia produktif dengan penghasilan per bulan lebih dari Rp. 3.000.000,00. Proses keputusan pembelian konsumen Kopi Arabika Java Ijen-Raung Matt Coffee meliputi 5 tahapan. Keputusan pembelian terhadap produk Kopi Arabika Java Ijen-Raung Matt Coffee di Kabupaten Bondowoso dipengaruhi oleh enam faktor utama.
References
Asri, A. C. A., A. A. D. Suryoputro dan W. Atmodjo. 2014. Studi Karakteristik Arus Laut Di Perairan Marunda, Jakarta Utara. Oseanografi, 3(4): 601-609.
Charina, Deassy. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman Kopi di Malabar Mountain Cafe Kota Bogor. Skripsi. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.
Kusdianto, N. 2015. Efisiensi dan Strategi Pemasaran Kopi Arabika (Coffea Arabica) Java Ijen Raung Di desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Jember: Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Pradana, A. K. 2014. Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Pepaya Calina. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi. Depok: Penebar Swadaya.
Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif Dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sari, N. P., T. I. Santoso, Yusianto dan S. Mawardi. 2013. Mengenal Kopi Arabika Java Ijen-Raung (Kopi Bersertifikat Indikasi Geografis Pertama di Jawa Timur). Warta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, 25(3): 13-16.
Sari, S. N., S. Thalib dan Junaidi. 2016. Kepatuhan Hukum Masyarakat Nelayan Terhadap Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela/Payang (Trawl) dan Pukat Tarik (Seine Nets) di Kota Padang. Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6 (1): 316-323.
Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supriyadi, Edi. 2014. Spss + Amos Perangkat Lunak Statistik. Bogor: In Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J-SEP) has CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
The work is simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, which permits others to share the work with an acknowledgement of the authorship and the work's initial publication in this journal. Authors who publish with this journal retain their copyright and grant the journal the right of first publication.