PERSEPSI DAN PARTISIPASI PETANI TERHADAP ASURANSI USAHATANI PADI DI KECAMATAN PILANGKENCENG KABUPATEN MADIUN

  • Tri Ambar Wahyuningsih Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura
  • Fuad Hasan Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Asuransi Usahatani Padi (AUTP) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh kementerian pertanian dengan tujuan untuk melindungi petani padi dari kerugian kegagalan panen sebagai akibat dari risiko banjir, kekeringan dan serangan organisme penganggu tanaman. Meskipun sudah mendapatkan bantuan premi sebesar 80% dari total premi, tetapi petani yang menjdi peserta asuransi masih relatif sedikit dibandingkan dengan total petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi petani terhadap program asuransi usahatani padi dan mengetahui pengaruh persepsi dan factor sosial ekonomi  terhadap  partisipasi petani dalam program AUTP di Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang yang terdiri dari 25 petani peserta AUTP dan 75 non peserta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani baik peserta AUTP maupun  petani non peserta AUTP dalam kategori sedang atau cukup baik. Secara parsial variabel luas lahan, pengalaman usahatani, keaktifan kelompok tani dan persepsi petani terhadap AUTP berpengaruh signifikan terhadap partisipasi petani dalam program AUTP pada α=5%.

Published
2019-11-26
How to Cite
WAHYUNINGSIH, Tri Ambar; HASAN, Fuad. PERSEPSI DAN PARTISIPASI PETANI TERHADAP ASURANSI USAHATANI PADI DI KECAMATAN PILANGKENCENG KABUPATEN MADIUN. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), [S.l.], v. 12, n. 3, p. 11-21, nov. 2019. ISSN 2356-2382. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/11578>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsep.v12i03.11578.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.