ANALISIS DAYA SAING EKSPOR BIJI KOPI INDONESIA DI PASAR GLOBAL TAHUN 2002-2017

COMPETITIVENESS ANALYSIS OF EXPORT INDONESIA COFFEE BEAN IN GLOBAL MARKET 2002-2017

  • Ivan Alexander Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana
  • Hendrik Johannes Nadapdap Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

ABSTRAK


Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor biji kopi terbesar di dunia yang menempati posisi keempat dalam mengekspor biji kopi di pasar dunia pada tahun 2017. Meskipun Indonesia termasuk negara pengekspor biji kopi terbesar di dunia, faktanya  produksi kopi di Indonesia dari tahun 2002-2017 mengalami fluktuasi dan tidak bisa diprediksi dengan baik sehingga akan mempengaruhi permintaan ekspor biji kopi di pasar global. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kondisi daya saing ekspor biji kopi Indonesia di pasar global pada tahun 2002-2017 dan mendeskripsikan peranan pemerintah dalam meningkatkan ekspor biji kopi Indonesia di pasar global. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis keunggulan komparatif RCA, AR dan keunggulan kompetitif ECI, dan ditambah dengan analisis peramalan model ARIMA pada nilai ekspor biji kopi Indonesia. Hasil analisis yang didapat yaitu Indonesia mempunyai keunggulan komparatif  dengan nilai RCA > 1, AR > 1 dan mempunyai keunggulan kompetitif dengan nilai ECI > 1 serta memenuhi faktor pendukung Berlian Porter dan hasil peramalan terhadap nilai ekspor mengalami peningkatan pada 10 tahun yang akan datang. Dapat disimpulkan bahwa Indonesia mempunyai keunggulan daya saing ekspor biji kopi pada tahun 2002-2017, baik keunggulan kompratif maupun keunggulan kompetitif.


 


Kata Kunci : Biji Kopi Indonesia, Daya Saing Ekspor, Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif,Pasar Global, Kebijakan Pemerintah

References

AEKI. (2017). Ekspor Kopi Masih Terhambat Kestabilan Produksi. Jawa Tengah.
AEKI. (2019). Areal dan Produksi.AEKI.
Alatas, A. (2015). Trend Produksi dan Ekspor Minyak Sawit (CPO) Indonesia. Jurnal Agraris, 1(2).
Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
BPS. (2019). Volume Ekspor Menurut Tujuan Negara Utama.BPS.
Chandra, D., Ismono, R. H., & Kasymir, E. (2013). Prospek Perdagangan Kopi Robusta Indonesia di Pasar Internasional. JIIA Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 1(1), 10–15.
Darsyah, M. Y., & Nur, M. S. (2016). Model Terbaik Arima Dan Winter Pada Peramalan. Statistika, 4(1), 30–38.
Direktorat Jenderal Perkebunan. (2018, December). Statistik Perkebunan Indonesia. Kementrian Pertanian
Dradjat, B., Agustian, A., & Supriatna, D. A. (2007). Ekspor dan Daya Saing Kopi Biji Indonesia di Pasar Internasional: Implikasi Strategis Bagi Pengembangan Kopi Biji Organik Export and Competitiveness of Indonesian Coffee Bean in International Market: Strategic Implication for the Development of Organic Co. Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian, 23(2), 159–179.
Firmansyah, M. (2016). Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Internasional. Institut Pertanian Bogor.
Hervinaldy, H. (2017). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Ekspor Kopi Ke Amerika Serikat. JOM Fisisp, 4(20500), 1–15.
Hidayat, A., & Soetriono. (2010). Daya Saing Ekspor Kopi Robusta Indonesia Di Pasar Internasional. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 4(2), 62–82.
International Coffee Organization, I. (2018). World Coffee Consumption. ICO.
ITC. (2019). International trade in goods - Exports 2001-2018.International Trade Centre.
Kemendag. (2015). Publikasi Internal Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. INTRA.
Lestari Baso, R., & Anindita, R. (2018). Analisis Daya Saing Kopi Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(1), 1–9.
Maulana, B. (2017). Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia, Brazil, Kolombia, Dan Vietnam. Jurnal Administrasi Bisnis, 50, 190.
Munawaroh, S. (2010). Analisis Model ARIMA Box-Jenkins Pada Data Fluktuasi Harga Emas. UIN. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nastiti, H. (2018). Metode Seasonal ARIMA Untuk Meramalkan Produksi Kopi Dengan Indikator Curah Hujan Menggunakan Aplikasi R Di Kabupaten Lampung Barat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Permentan. (2014).Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia. Kementrian Pertanian
Rahmatika, V. (2011). Analisis Daya Saing Kopi ( Coffea Sp ) Pt Perkebunan Nusantara Ix ( Persero ) Kebun Getas / Assinan Kabupaten Semarang. Universitas Sebelas Maret.
Siahaan, J. A. (2014). Analisis Dayasaing Komoditas Kopi Arabika Indonesia di Pasar Internasional. Ipb 2014, (1), 1–5.
Published
2019-07-31
How to Cite
ALEXANDER, Ivan; NADAPDAP, Hendrik Johannes. ANALISIS DAYA SAING EKSPOR BIJI KOPI INDONESIA DI PASAR GLOBAL TAHUN 2002-2017. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), [S.l.], v. 12, n. 2, p. 1-16, july 2019. ISSN 2356-2382. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/11271>. Date accessed: 21 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jsep.v12i2.11271.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.