PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN PEMAHAMAN MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA UMKM KACANG TELUR SAFIA JEMBER

  • Salma Fauziyyah
  • Deasy Wulandari
  • Alif Mirzania
  • Nurhayati Nurhayati
  • Susanti Prasetiyaningtiyas
  • Imam Suroso

Abstract

Pertumbuhan sektor UMKM menjadi perhatian pemerintah karena merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan Indonesia. Tantangan terbesar yang dihadapi UMKM dalam pengembangan usahanya adalah pemasaran dan peningkatan nilai jual produknya. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman pentingnya digital marketing dalam mempromosikan produk UMKM dan meningkatkan kualitas pengemasan produk UMKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan. Metode pelatihan digunakan untuk menjelaskan bagaimana peran digital marketing dalam mempromosikan produk UMKM. Sedangkan metode pendampingan dilaksanakan dalam rangka praktek pemasaran digital dan peningkatan pengemasan produk UMKM. Khalayak sasaran pengabdian pada masyarakat ini adalah pelaku UMKM di Desa Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan kualitas kegiatan pemasaran dan kualitas pengemasan produk UMKM, khususnya UMKM Kacang Telur Safia Jember. Secara umum kegiatan pelatihan dan pendampingan ini berjalan lancar, dimana peserta yaitu pelaku UMKM mendengarkan masing-masing tim pelaksana dengan antusias sehingga kegiatan ini berhasil dilaksanakan tanpa kendala yang berarti.


Kata kunci: Pemasaran Digital, Pelatihan, Pendampingan, UMKM, Pengemasan Produk

Published
2024-05-20
How to Cite
FAUZIYYAH, Salma et al. PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN PEMAHAMAN MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA UMKM KACANG TELUR SAFIA JEMBER. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 140 - 146, may 2024. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/49130>. Date accessed: 23 nov. 2024.