PENDAMPINGAN SISWA YANG BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MTs AL-MUKTARIYAH PADA MATERI PECAHAN

  • Aditya Harisman Universitas Jember
  • Andri Defrian Universitas Jember
  • Bayu Okta Orizal Universitas Jember
  • Gito Kurniawan Universitas Jember
  • Aan Putra Universitas Jember

Abstract

Kesulitan belajar merupakan masalah utama dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika. Hal ini juga dirasakan oleh beberapa siswa pada MTs Mukhtariah Ambai, dimana ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar pada materi pecahan, yaitu pada saat mengubah pecahan ke bentuk yang lain. Oleh karena itu Pendampingan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, sehingga siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar akan dibantu dan di dampingi oleh pendamping. Dengan adanya bantuan dari pendamping yang menjelaskan ulang materi agar siswa tersebut lebih paham, hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana potensi yang dimiliki siswa dalam memahami materi. Dari hasil pendampingan didapat bahwa ada sekitar 6 siswa yang memerlukan bantuan pendampingan, hal ini karena pemahaman siswa terhadap materi kurang baik. Pendamping membatu siswa ketika siswa kurang paham terhadap materi, dengan begitu diharapkan siswa bisa lebih paham dan dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan.

Published
2023-04-01
How to Cite
HARISMAN, Aditya et al. PENDAMPINGAN SISWA YANG BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MTs AL-MUKTARIYAH PADA MATERI PECAHAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-7, apr. 2023. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/39481>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v2i1.39481.