PENINGKATAN SUMBER DAYA MAHASISWA DENGAN KOMUNIKASI DAN PUBLIC SPEAKING GUNA MENCETAK GENERASI YANG MAMPU MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

  • Almas Farah Dinna Dewi Universitas Jember
  • Nyoman Gede Krishnabudi Universitas Jember
  • Yustri Baihaqi Universitas Jember
  • Dewi Shinta Kumalasari Universitas Jember

Abstract

Kemampuan komunikasi dan berbicara di depan umum dapat dipahami sebagai teknik untuk menyampaikan pesan kepada khalayak lain dan di depan banyak audiens. Kemampuan ini menjadi dasar kesuksesan setiap orang di berbagai bidang. Dengan komunikasi yang baik, seseorang memiliki nilai tambah untuk menjadi insan yang cerdas, visioner, inovatif dan dedikatif. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan tentang komunikasi dan public speaking dasar khususnya dalam hal ini mahasiswa sebagai generasi muda yang berdomisili di Jember. Hal ini diperlukan untuk memberikan nilai tambah kepada para generasi muda yang menjadi bagian untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dicanangkan pada era saat ini. Metode pelaksanaan pengabdian yang dilakukan pada program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu: metode pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil pelatihan berdasarkan kuesioner umpan balik yang telah diisi yakni peserta merasa sangat puas dengan pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan dan berharap bisa dilaksanakan lebih lanjut ke depannya karena memberi manfaat dan pengalaman yang luar biasa.

Published
2023-05-06
How to Cite
DEWI, Almas Farah Dinna et al. PENINGKATAN SUMBER DAYA MAHASISWA DENGAN KOMUNIKASI DAN PUBLIC SPEAKING GUNA MENCETAK GENERASI YANG MAMPU MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 44-49, may 2023. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/39466>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v2i1.39466.