STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DALAM BENTUK PENGADAAN TPS DAN TPA MELALUI PROGRAM DESMASA DI DESA SUGER LOR, KECAMATAN MAESAN, KABUPATEN BONDOWOSO

  • Diana Sulianti K. Tobing Universitas Jember
  • Ayaprithvie Isradinata Universitas Jember

Abstract

Permasalahan sampah sudah menjadi masalah serius yang harus diatasi. Masyarakat masih saja membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya. Namun mengubah kebiasaan masyarakat dari membuang sampah sembarangan ke tempat yang disediakan dan membangun kesadaran masyarakat tidaklah mudah. Dalam mengatasi permasalahan ini masyarakat, pemerintah dan pihak ketiga harus bekerja sama supaya dapat diatasi dengan mudah. Dalam hal ini pengabdian kepada masyarakat yang mengabdi di desa Suger Lor memiliki strategi pengelolaan sampah dalam bentuk pengadaan TPS dan TPA melalui program DESMASA (Desa Mandiri Mengolah Sampah). DESMASA terdiri dari beberapa program kerja yang meliputi Pengadaan TPS berupa tong sampah & TPA, Bank Sampah dan Budidaya cacing. Dengan adanya progam DESMASA ini diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Published
2023-04-22
How to Cite
TOBING, Diana Sulianti K.; ISRADINATA, Ayaprithvie. STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DALAM BENTUK PENGADAAN TPS DAN TPA MELALUI PROGRAM DESMASA DI DESA SUGER LOR, KECAMATAN MAESAN, KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 26-34, apr. 2023. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/39463>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v2i1.39463.