PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Shelvy Putri Astuti Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Titin Kartini Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Sutrisno Djaja Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul akuntansi yang menarik, efisien, dan efektif pada mata pelajaran akuntansi keuangan kompetensi dasar persediaan barang dagangan untuk siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Jember. Modul akuntansi ini dikembangkan menggunakan model pengembangan oleh Thiagarajan et al. Kelayakan modul dinilai melalui tahap validasi yang terdiri dari 3 aspek, yaitu validasi isi/materi, desain, dan bahasa. Validasi modul menghasilkan skor akhir masing-masing aspek yaitu 95,3% untuk kelayakan isi/materi, 92,1% untuk kelayakan desain, dan 95,5% untuk kelayakan bahasa. Proses uji coba produk dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Uji kelompok kecil dilakukan pada 12 siswa kelas XI Akuntansi 1 dan uji kelompok besar dilakukan pada seluruh siswa kelas XI Akuntansi 3 yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tingkat daya tarik modul, uji tingkat efisiensi modul, dan uji tingkat efektivitas modul. Hasil uji tingkat daya tarik modul pada uji kelompok kecil adalah 86% (sangat menarik) dengan waktu pembelajaran 3x3JP (lebih singkat dari alokasi waktu pada silabus) dan rata-rata hasil belajar meningkat ditunjukkan dengan hasil pretest  76,83 meningkat menjadi 85,17. Pada uji kelompok besar, uji tingkat daya tarik modul memperoleh rata-rata skor 91% (sangat menarik) dengan alokasi waktu pembelajaran 3x3JP, rata-rata nilai prestest yaitu 75,71 meningkat menjadi 85,13 pada rata-rata nilai posttest. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa modul akuntansi yang dikembangkan menarik, efisien, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-20
How to Cite
PUTRI ASTUTI, Shelvy; KARTINI, Titin; DJAJA, Sutrisno. PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 51-58, apr. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7473>. Date accessed: 11 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7473.
Section
Articles