PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Melinia Ambarwati Putri Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Justita Dura Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan kinerja lingkungan) terhadap pengungkapan emisi karbon pada sektor perusahaan pertambangan di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 75 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2022 dan diambil sample sebanyak 51 perusahaan pertambangan yang memenuhi kriteria dengan mempublikasikan laporan keuangan dan laporan keberlanjutan serta mengungkapkan emisi karbon. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Sedangkan variabel profitabilitas dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-25
How to Cite
PUTRI, Melinia Ambarwati; DURA, Justita. PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 52-61, mar. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46679>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.46679.
Section
Articles