PENGARUH RISIKO KREDIT, RISIKO LIKUIDITAS, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA

  • Rezy Christine Septiani Universitas Inaba Bandung
  • Diah Febriyanti Universitas Inaba Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko kredit (Non-Performing Loan atau NPL), risiko likuiditas (Loan to Deposit Ratio atau LDR) dan Good Corporate Governance (jumlah komisaris independen, jumlah komite audit dan jumlah direksi) terhadap kinerja perusahaan (Return on Asset atau ROA) pada perbankan konvensional di Indonesia. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel bank sebanyak 14 bank konvensional di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2015-2022. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan alat analisis menggunakan IBM Statistik 25. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel risiko kredit berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan. Variabel risiko likuiditas tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan GCG berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-12
How to Cite
SEPTIANI, Rezy Christine; FEBRIYANTI, Diah. PENGARUH RISIKO KREDIT, RISIKO LIKUIDITAS, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 191-200, apr. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46635>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.46635.
Section
Articles