STUDI KOMPARATIF METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI D3 AKUNTANSI PADA MATA KULIAH AKUNTANSI BIAYA

  • Hikmatul Maulidah Politeknik Harapan Bersama
  • Bahri Kamal Politeknik Harapan Bersama

Abstract

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Metode pembelajaran yang dibahas dalam penelitian ini adalah metode cooperative learning  tipe jigsaw dan metode ceramah. Permasalahan yang diangkat yakni adakah perbedaan hasil belajar akuntansi biaya dengan menggnakan metode pembelajaran cooperative learning  tipe jigsaw dan metode pembelajaran ceramah  pada mahasiswa Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal semester 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode cooperative learning  tipe jigsaw  dengan metode pembelajaran ceramah pada mahasiswa Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal semester 3. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode ceramah. Observasi/pengamatan, tes hasil belajar, dan dokumentasi menjadi beberapa metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hmogenitas, dan uji independent  t-test. Hasil perhitungan data diperoleh t-test, Sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil test yang signifikan antara kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar akuntansi biaya dengan menggunakan metode cooperative learning  tipe jigsaw dan metode ceramah pada mahasiswa Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal. Hasil belajar metode cooperative learning  tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar metode ceramah pada pokok bahasan analiss perilkau biaya. Saran penulis bahwa dosen perlu menambah wawasan dan pengetahuan tentang metode-metode pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran akuntansi biaya akan lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-08
How to Cite
MAULIDAH, Hikmatul; KAMAL, Bahri. STUDI KOMPARATIF METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI D3 AKUNTANSI PADA MATA KULIAH AKUNTANSI BIAYA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 144-150, apr. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/17359>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.17359.