PEMASARAN RELASIONAL PADA TOKO IJEN DESA CINDOGO, KECAMATAN TAPEN, KABUPAEN BONDOWOSO.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemasaran relasional untuk mempertahankan konsumen pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik toko Ijen, sedangkan informan penelitian yaitu konsumen dari toko ijen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Relasional pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso memiliki empat aspek dalam Pemasaran Relasional. Pemasaran Relasional yang dilakukan oleh toko Ijen yang Pertama adalah ikatan, Ikatan yang dilakukan oleh pemilik toko kepada konsumen, memberikan jika konsumen mau berhutang. Kedua kepedulian, kepedulian yang diberikan pemilik toko, Menginformasikan jauh-jauh hari jika toko tidak buka. Ketiga Hubungan Jangka Panjang, hubungan yang diberikan kepada konsumen, mengadakan tasyakuran bersama dengan konsumen. Keempat kepercayaan yang diberikan adalah, memberikan barang yang masa kadaluarsanya masih lama. dengan adanya keempat elemen tersebut membuat konsumen akan semakin loyal dengan barang yang diual di tempat tersebut. Dengan adanya pemasaran relasional yang dilakukan oleh pemilik toko Ijen mampu mempertahankan pelanggan sehingga toko Ijen mampu bertahan ditengah persaingan dengan toko-toko lain meskipun banyak yang menjual barang sejenis.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.