Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi

  • Ageng Jelly Purwanto SMK Negeri 1 Pujer

Abstract

Ujian Nasional (UN) telah diganti menjadi Asesmen Nasional (AN) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. AN adalah asesmen yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah. Di dalam AN itu ada tiga instrumen, salah satunya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan Dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa hasil tes dan wawancara. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pujer. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pujer masih rendah, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil penyelesaian tes yang belum mencapai 50% dari total seluruh siswa, sehingga perlu lebih banyak dikenalkan model-model soal AKM khususnya Numerasi kepada siswa


 Kata kunci: AKM, Numerasi, Pemahaman

References

Bachtiar, A. (2020). Jalan lurus terpanjang di bumi, 240 kilometer tanpa pemandangan segar. Retrieved 11 March, 2021, from https://kumparan.com/absal-bachtiar/jalan-lurus-terpanjang-di-bumi-240-kilometer-tanpa-pemandangan-segar-1u1mFiJIm3F/full.

Cresswell, J.W. (2009). Research Design (Third Edition). California: SAGE Publication. Inc.

DitPSMK. (2018). Panduan penilaian hasil belajar dan pengembangan karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

DitPSMK. (2019). Panduan penggunaan e-rapor SMK 5.0.0. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kemendikbud. (2020). Asesmen Nasional sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan, Retrieved 17 December, 2020, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/asesmen-nasional-sebagaipenanda-perubahan-paradigma-evaluasi-pendidikan.

Kurniawan, G. (2021). Asesmen nasional diundur ke September - Oktober 2021. Retrieved 12 May, 2021, from https://m.tribunnews.com/pendidikan/2021/01/21/asesmen-nasional-diundur-ke-september-oktober-2021-apa-itu-asesmen-nasional.

Purwanto, A. J. (2020). Tryout Assesment Kompetensi Minimum (AKM) . Retrieved 06 May, 2021, from https://www.farazka.my.id/.

Purwanto, A. J. (2020). Materi semester ganjil. Retrieved July 1, 2020, from https://www.farazka.com/.

Purwanto, A.J. (2021). Pemanfaatan web blog sebagai media pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Pujer Tahun Pelajaran 2020/2021. Saintifika, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 32-37.

Puspendik. (2021). Asesmen Kompetensi minimum. Retrieved 06 May, 2021, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/.

Sani, R.A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, A., Daulay, S., Yuliani, Y., & Epriani, P. (2020). Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 dalam perspektif guru
SMA di Kota Tebing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 213-220.

Satori, D. & Komariah, A. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-07-09
How to Cite
PURWANTO, Ageng Jelly. Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 109-115, july 2021. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/24272>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.