Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi
Abstract
Ujian Nasional (UN) telah diganti menjadi Asesmen Nasional (AN) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. AN adalah asesmen yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah. Di dalam AN itu ada tiga instrumen, salah satunya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan Dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa hasil tes dan wawancara. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pujer. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pujer masih rendah, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil penyelesaian tes yang belum mencapai 50% dari total seluruh siswa, sehingga perlu lebih banyak dikenalkan model-model soal AKM khususnya Numerasi kepada siswa
Kata kunci: AKM, Numerasi, Pemahaman
References
Cresswell, J.W. (2009). Research Design (Third Edition). California: SAGE Publication. Inc.
DitPSMK. (2018). Panduan penilaian hasil belajar dan pengembangan karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
DitPSMK. (2019). Panduan penggunaan e-rapor SMK 5.0.0. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Kemendikbud. (2020). Asesmen Nasional sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan, Retrieved 17 December, 2020, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/asesmen-nasional-sebagaipenanda-perubahan-paradigma-evaluasi-pendidikan.
Kurniawan, G. (2021). Asesmen nasional diundur ke September - Oktober 2021. Retrieved 12 May, 2021, from https://m.tribunnews.com/pendidikan/2021/01/21/asesmen-nasional-diundur-ke-september-oktober-2021-apa-itu-asesmen-nasional.
Purwanto, A. J. (2020). Tryout Assesment Kompetensi Minimum (AKM) . Retrieved 06 May, 2021, from https://www.farazka.my.id/.
Purwanto, A. J. (2020). Materi semester ganjil. Retrieved July 1, 2020, from https://www.farazka.com/.
Purwanto, A.J. (2021). Pemanfaatan web blog sebagai media pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Pujer Tahun Pelajaran 2020/2021. Saintifika, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 32-37.
Puspendik. (2021). Asesmen Kompetensi minimum. Retrieved 06 May, 2021, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/.
Sani, R.A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, A., Daulay, S., Yuliani, Y., & Epriani, P. (2020). Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 dalam perspektif guru
SMA di Kota Tebing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 213-220.
Satori, D. & Komariah, A. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.