GAMBARAN PERILAKU ATTACHMENT ANTARA IBU DENGAN PERAN GANDA DAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI SOSIAL

  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Hubungan kedekatan yang membentuk ikatan emosi antara ibu dengan anak dikenal dengan istilah kelekatan (attachment). Attachment tidak hanya terjadi antara ibu dengan anak saja, melainkan dengan figur-figur lain yang dianggap mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Ibu dengan peran ganda yakni selain sebagai ibu juga menjadi wanita karir mempunyai waktu interaksi yang terbatas dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku attachment ibu dengan peran ganda dan anak usia prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu dengan peran ganda cenderung menunjukkan perilaku attachment dalam dua kelompok yaitu secure attachment dan insecure attachment. Perilaku keduanya mempengaruhi perkembangan sosial anak usia dini yang berada pada tahapan kemandirian vs ragu-ragu, dan inisiatif vs rasa bersalah.

Published
2018-09-28
How to Cite
AFFRIDA, Ervin Nurul. GAMBARAN PERILAKU ATTACHMENT ANTARA IBU DENGAN PERAN GANDA DAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI SOSIAL. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 43-47, sep. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8932>. Date accessed: 23 jan. 2019.