HUBUNGAN ANTARA LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD INKLUSI STAR KIDS KABUPATEN JEMBER
Abstract
Anak berkebutuhan khusus selayaknya mendapat perhatian lebih untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui program inklusi, termasuk dalam pendidikan anak usia dini, yakni dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan salah satunya perkembangan bahasa. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Inklusi Star Kids Kabupaten Jember, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Inklusi Star Kids Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah terhadap kajian-kajian tentang pendidikan inklusi pada anak usia dini maupun pendidikan anak usia dini, menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang penelitian ilmiah dan pengalaman dalam menganalisis sebuah masalah terkait keilmuan yang dipelajari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yakni dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package for the Social) seri 24. Hasil penelitian adanya hubungan antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Inklusi Star Kids Kabupaten Jember, dengan tingkat korelasi antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini termasuk dalam kategori tinggi. Bagi peneiti lain disarankan untuk meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan layanan pendidikan inklusi dan perkembangan bahasa anak usia dini.